Senin, 17 Juni 2024


Jagung Bakar Serut, Angkringan ala Kota Kretek

28 Des 2023, 13:41 WIBEditor : Yulianto

Jagung bakar serut Bu Sablah di Kota Kudus | Sumber Foto:Julian

TABLOIDSINARTANI.COM, Kudus---Kabupaten Kudus dikenal sebagai Kota Kretek. Selain sebagai kota yang banyak tumbuh industri rokok, ternyata Kudus juga dikenal sebagai pusat kuliner. Soto Kudus menjadi kuliner favorit yang sudah banyak dikenal masyarakat nusantara.

Kudus ternyata banyak menyimpan kuliner lainnya yang dapat memanjakan lidah wisatawan. Saat libur akhir tahun, Tabloid Sinar Tani berkesempatan berkunjung ke kota yang dikenal sebagai Kota Walisongo. Ada dua penyebar ajaran Islam yakni Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Selain Soto Kudus, beberapa kuliner lain yang patut dicoba yakni, Lontong Tahu Gimbal, Opor Ayam Sunggingan, Pindang Kebo dan Lentok Tanjung. Ada satu kuliner lain yang mungkin wisatawan belum banyak ketahui, tapi boleh dicicipi. Namanya, Jagung Bakar Serut.

  

Seperti apa seh kuliner tersebut? Sedikit informasi, jagung manis yang telah dibakar akan diberikan olesan berupa mentega yang diolah dengan tambahan gula, lalu baru diserut atau diiris kecil-kecil. Setelah itu akan disiram dengan bumbu yang berwarna cokelat, campuran dari bawang putih, cabai, gula merah dan bumbu lainnya.

Bumbu ini yang memberikan rasa pedas dengan rasa maknyus. Beberapa pedagang membuat tingkatan (level) rasa pedas. Selain rasa pedas, ternyata dalam kuahnya ada rasa manis dan gurih.

Selain jagung bakar,  banyak jenis kudapan lainnya sebagai campuran dengan jagung bakar serut.  Diantaranya, sate usus ayam, fish ball, salmon ball, baso tusuk, sate sosis, tahu dan bakwan goreng, pangsit goreng, sate kikil, otak-otak, sate nugget, sate ampela, sate telor puyuh dan banyak kudapan lainnya.

Naswa, salah seorang pengujung asal Jakarta yang sedang berlibur akhir tahun menyatakan, bagi penyuka rasa pedas pasti akan ketagihan. “Apalagi harganya juga cocok untuk kantong mahasiswa,” kata mahasiswi yang kuliah di UPN Jakarta itu.

Harga aneka sate ini mulai dari Rp 1.500-5.000/tusuk. Misalnya, satu tusuk sate nugget isi tiga harganya Rp 2.500 dan sate rempelo ati seharga Rp 5.000. Sedangkan baso tusuk, sosis, tahu dan bakwan hanya Rp 1.500/tusuk.  

Rata-rata kios jagung bakar serut mulai buka pukul 14.30 hingga pukul 22.00 WIB. Biasanya pengunjung banyak berdatangan selepas maghrib. Bagi penikmat pedas, jagung bakar serut sepertinya wajib dicoba. Kios penjaja makanan ini tersebar di sepanjang jalan sekitar GOR Wergu Wetan Kota Kudus.

Informasi dari beberapa penjaja jagung bakar serut ini, ternyata mereka sudah cukup lama berjualan di lokasi GOR. Ada yang sudah berdagang sejak 15 tahun lalu. Mengisi waktu malam di Kota Kudus, jangan lupa  menyicipi jagung bakar serut ya...

 

Reporter : Julian
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018