Jumat, 06 Desember 2019


Keren, Petani Ikan Bogor Ditraining Jurnalistik Perikanan

23 Nov 2019, 06:04 WIBEditor : Ahmad Soim

Training Sehari Jurnalistik Perikanan | Sumber Foto:Ahmad Soim

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Puluhan petani ikan tawar Kabupaten Bogor kumpul bareng di Pos Kesehatan Ikan Terpadu Ciseeng milik Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor. Acaranya keren.  Training Sehari Jurnalistik Perikanan (21/11).

 

 Seorang petani Haji Jay, sapaan akrabnya,  sekali tanam benih ikan 3 juta ekor.  Dipanen dan dijual masih dalam ukuran benih Rp 200 per ekor.  Ia bisa panen 1.5 juta ekor.  Pendapatan kotornya mencapai Rp 300 juta per periode.  Woww besar ya.  Maklum pak Haji bahkan punya lahan kolam seluas 5 ha. 

 

Banyak wajah petani ikan muda di antara mereka. Pertanyaan-pertanyaan mereka  tak terduga dalam training ini. Hari, misalnya, yang jauh-jauh datang dari Ciasmara, Pamijahan Kab Bogor bertanya soal menghadapi kritik pembaca saat tulisannya diposting di grup WA atau medsos. Juga cara mencegah karyanya dianggap plagiasi. Amy, peserta lain, bertanya mengapa blog Posikandu yang ia kelola jarang pengunjungnya, dan apakah memakai website berbayar akan membuatnya lebih baik. 

 

Ada dua materi training sehari jurnalistik ini.  Pertama Tips Menulis Berita yang Menarik oleh Ahmad Husen pernah menjadi Wartawan Majalah Gatra yang kini jadi aktivis kemanusiaan.

 

Materi kedua,    membahas pengelolaan media pertanian yang tangguh, mulai dari media cetak,  media online dan media sosial.  Pematerinya Ahmad Soim Peminpin Redaksi tabloidainartani.com.

 

Kepala Subbidang Kesehatan Lingkungan Dinas Petetnakan dan Perikanan Kabupaten Bogor  Yayan mengatakan banyak petani ikan muda binaannya yang menyatakan ingin mempromosikan ikan hias produksi mereka secara lebih baik dan luas. "Menulis dengan baik adalah salah satu bekalnya," kata Yayan.  

Acara ini diakhiri dengan makan siang bareng bermenukan nasi putih pulen, ikan nila goreng, tahu-tempe, lalapan dan sambel pedes.

 

 

#ikanhias #jurnalistik #petani

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018