Wednesday, 23 September 2020


Apabila Permintaan Udang Turun, Pemerintah Siap Beli

31 Mar 2020, 13:47 WIBEditor : Indarto

Udang, komoditas utama ekspor perikanan | Sumber Foto:Dok. Humas DJPB

Seperti di Amerika, Eropa dan China membatasi jumlah impor karena banyak restoran yang tutup.

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta-- Imbas pandemi covid 19 dikawatirkan akan berdampak terhadap kinerja produksi dan ekspor perikanan. Gejala tersebut sudah tampak pada penurunan ekspor udang/ikan, karena konsumsi komoditas tersebut di beberapa negara mulai menurun.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengatakan, seperti di Amerika, Eropa dan China membatasi jumlah impor karena banyak restoran yang tutup.

" Namun ini saya harap tidak menjadi kendala, dan saya harap masyarakat tidak kendor dalam berbudidaya. Harus diyakini bahwa negara tetap hadir untuk masyakarat. KKP akan terus memantau dan memastikan bahwa usaha budidaya tetap berjalan," papar Menteri Edhy, di Jakarta, Selasa (31/3).

Menurut Menteri Edhy, apabila  permintaan menurun, pemerintah akan mencoba menyiapkan beberapa skenario.  Misalnya,  pemerintah membeli langsung (produksi perikanan). Selaim itu,  pemerintah akan menyediak coldstorage untuk menampung produk perikanan.

" Hal ini tentunya akan kami koordinasikan terlebih dahulu dengan Presiden. Karena sesuai laporan yang saya terima, pandemi  covid-19 berpengaruh terhadap penurunan permintaan sekitat 10-20 persen. Tapi, saya rasa ini tidak terlalu signifikan," jelas Menteri Edhy.

Terkait dengan kekawatiran tersebut,  Menteri Edhy terus melakukan koordinasi baik di internal maupun eksternal untuk memastikan ketersediaan stok ikan dan aktivitas pembudidaya.

“Saya telah menugaskan Dirjen Perikanan Budidaya untuk mendata potensi udang di masyarakat yang belum terjual dan kepada Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan untuk mendata coldstorage baik yang operasional maupun yang tidak operasional, untuk scenario diatas,” kata Menteri Edhy.

Menteri Edhy mengungkapkan, KKP atau negara akan terus hadir untuk memastikan bahwa produktivitas tetap terjaga karena saat ini produktivitas di sektor perikanan budidaya kita sedang bagus-bagusnya. KKP  terus memantau untuk memastikan bahwa perikanan budidaya terus maju. 

Reporter : Dimas
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018