Saturday, 06 June 2020


Sedekah Ikan Jelang Lebaran

23 May 2020, 14:48 WIBEditor : Indarto

Paket ikan jelang Lebaran | Sumber Foto:Dok. Humas BKIPM

Dalam penyaluran SIM melibatkan berbagai unit kerja eselon I dan beberapa UPT KKP di daerah. Adapun dalam paket tersebut berisi 5 kg beras, ikan 3 kg, minyak goreng 1 liter dan 0,5 kg telur.

 


TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Gerakan nasi ikan yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selama Ramadhan  mendapat sambutan masyarakat yang tengah terdampak covid 19. Tak terhenti sampai di situ saja,  jelang Lebaran tahun ini  KKP melakukan kegiatan Sedekah Ikan Ramadhan (SIM).

Sebanyak 3.000 paket bantuan dibagikan untuk masyarakat terdampak pandemi covid-19. Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berharap, melalui penyaluran SIM ini bisa membangun rasa solidaritas dan kepedulian para pegawai di KKP.

"Semoga ini menjadi energi positif, baik untuk kita maupun untuk bangsa dan negara," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, di Jakarta, Sabtu (23/5).

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Ikan Pengedalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina mengatakan,  dalam penyaluran SIM melibatkan berbagai unit kerja eselon I dan beberapa UPT KKP di daerah. Adapun dalam paket tersebut berisi 5 kg beras, ikan 3 kg, minyak goreng 1 liter dan 0,5 kg telur.

"Paket-paket SIM tersebut akan dibagikan sebelum shalat Idul Fitri," ujar Rina.

Penyaluran paket, lanjut Rina, sudah dimulai pada tanggal 17 Mei 2020 hingga malam takbiran. Seperti, unit kerja Inspektorat Jenderal KKP, telah menyalurkan 200 paket SIM untuk 4 lokasi, yakni Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang.

Kemudian pada hari Kamis (21/5) ,.UPT BKIPM telah menyalurkan paket SIM di beberapa daerah. Seperti di Mataram,  disalurkan  paket SIM untuk 66 nelayan dan masing-masing 68 paket di Ambon dan Kota Palu.

Kemudian, Stasiun PSDKP Belawan juga telah melakukan penyaluran 220 paket SIM di Kampung Nelayan Perlis, Kecamatan Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat.

"Kemudian juga ada penyaluran untuk korban gempa Lombok 2018 lalu. Penyaluran akan dimaksimal sampai sebelum hari raya," kata Rina.

Sebelumnya, melalui “Lebaran Ikan” Menteri Edhy mengajak masyarakat untuk merayakan momen lebaran dengan menu makanan yang berbeda, yakni produk perikanan. Kegiatan sosial ini melengkapi pembagian 15.000 nasi ikan selama ramadan di 150 UPT KKP di Indonesia.

Sedangkan dalam rangka penanganan dampak pandemi, KKP telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 dan sejumlah program lain seperti Bulan Mutu Karantina 2020.

Kemudian, Siaga Nelayan, Bulan Bakti Nelayan 2020, Gemarikan Peduli Bencana covid-19, serta bantuan benih, calon induk ikan, dan pakan untuk pembudidaya. 

 

 

 

 

Reporter : Dimas
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018