Monday, 10 August 2020


Aneka Ragam Tiger Fish, Sama-Sama Mahal!

28 Jul 2020, 08:28 WIBEditor : Gesha

Ikan Tiger Fish | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Tiger Fish ternyata banyak jenisnya lho, dengan eksostisnya dan kelangkaannya, jenis-jenis ikan ini sama mahalnya!.

Tiger fish adalah ikan yang berasal dari aliran sungai dan anak sungai tropis di indonesia dan Thailand. Tiger fish sangat populer di kalangan penghobi akuarium karena warnanya yang seperti harimau. 

Tiger fish memiliki tubuh tinggi dengan dahi yang miring tajam. Berwarna emas dan ditutupi dengan bar vertikal hitam yang memanjang di seluruh tubuh. Tergantung pada lokasi geografis, corak mereka antara 5 dan 7 bar.

Tiger fish dapat tumbuh hingga 18 inci di alam liar, tetapi mereka jarang mencapai ukuran ini di akuarium rumah. Dalam lingkungan terkontrol seperti akuarium, mereka biasanya hanya akan mencapai antara 10 sampai 14 inci. Mereka bisa hidup hingga 15 tahun jika dirawat dengan baik dan ditempatkan di sebuah akuarium besar. 

Seperti kebanyakan spesies ikan besar, ukuran akuarium sangat penting untuk memelihara Tiger fish di akuarium. Tiger fish membutuhkan kualitas air yang sangat baik untuk menjaga kesehatannya. Para kolektor harus menggunakan filter tabung besar bersama dengan aliran air internai tambahan.

Jenis Tiger Fish

Dari seluruh dunia, Tiger fish memiliki 3 jenis yang termahal dan sebagian besar terletak di kawasan tropis. 

Mulai dari Datnioides pulcher dari Siam. Harga Datnioides pulcher menjadi sangat mahal karena populasinya sudah terancam punah akibat over fishing, perdagangan dan rusaknya habitat. Kadang kadang ditemukan spesimen Indo Datz yang memiliki corak loreng-loreng mirip Pulcher, hanya saja kualitas warnanya jauh lebih rendah dari Pulcher. Pulcher memiliki tiga garis utama pada tubuh dan dua garis tidak rata pada sirip ekor.

Di pasaran ikan hias internasional, ikan ini bisa dihargai lebih dari Rp 2 juta per ekor untuk ukuran dewasa dan peminatnya sebagian besar adalah kolektor dari Eropa dan Amerika.

Kemudian ada Datnioides Undecimradiatus atau Golden Datz  yang memiliki warna paling cantik. Warnanya tubuhnya keemasan dan corak garis di tubuhnya lebih tipis daripada jenis Tiger Datz yang lain, karena itulah sering disebut Thin Bar Datz.

Kualitas warna Datz ini sama baiknya dengan Pulcher, yang membedakan hanyalah bar pada Datnioides Undecimradiatus lebih tipis. Jenis ini di temukan di Sungai Mekong, Thailand.

Ketiga, Papua Datz (Datnioides Campbelli) adalah jenis Datz yang mulai terkenal. Ikan ini berasal dari pulau Papua. Meski corak loreng-lorengnya terlihat kotor, namun warna kuningnya sangat terlihat cantik.

Bahkan menurut sebagian kolektor yang memeliharanya, Papua Datz lebih memiliki warna yang lebih baik daripada Indo Datz. Karena bentuk corak dan keunikannya, maka Papua Datz dianggap sebagai Datnioides yang paling unik. 

Lalu ada Datnioides Pollota atau dikenal dengan nama Silver Tiger Pierce. Jenis ini bedanya dengan yang lain adalah warnanya yang silver dan juga loreng yang tebal dan seperti terdapat bayangan loreng di belakangnya.

Ikan ini terdapat di berbagai negara yaitu : Dari India (Chilka Lake, Mahanadi and Hooghly Rivers), Bangladesh (Sungai Ganges Delta), Myanmar (Yangon dan Sungai Salween), Thailand (Danau Songkhla, Tha Taphap dan Sungai Chao Phraya), Vietnam (Sungai Mekong Delta), Malaysia (Perak, Bernam,  dan Sungai Melaka, Peninsular Malaysia; Sahrawak dan Sungai Rajang, Sarawak, Borneo), Singapore (Pulau Ubin), dan Indonesia (Sungai Batang Hari, Sumatra; Sambas; Kapuas dan Sungai Barito, Kalimantan, Borneo).

Terakhir adalah Datnioides Microlepis atau dikenal dengan nama Indo Datz. 

Sekilas mirip dengan Tiger fish dari Siam, hanya saja warnanya tidak secerah siamese datz. Jumlah lorengnya pun lebih banyak dari pada Tiger fish Siam.

Penyebaran Indo Datz ini meliputi pulau Kalimantan dan Sumatera. Indo Datz Kalimantan memiliki warna yang lebih Orange daripada Indo Datz Sumatera yang berwarna kuning. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018