Thursday, 17 June 2021


Artemia Instan, Praktis untuk Pakan Burayak

21 May 2021, 07:37 WIBEditor : Yulianto

Artemia instan, lebih praktis untuk pakan burayak | Sumber Foto:Dok. PT. SMS

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Para petani ikan baik ikan tambak maupun ikan hias, harus menyediakan pakan anakan ikan (burayak) setelah ikan menetas dari telurnya. Ada banyak pilihan pakan yang bisa petani berikan untuk anak ikan. Misalnya kutu air, infusoria, artemia dan hewan renik lain yang bisa dimakan si burayak.

Artemia adalah pakan untuk burayak yang banyak dipilih sebagian petani sebagai pakan alternatif yang lebih praktis, disamping pakan jenis lainnya. Artemia merek polar red ini juga dikenal dengan nama artemia instan atau juga artemia tanpa cangkang (Artemia Shell Free / Decapsulated ).

Polar red merupakan telur artemia yang telah melalui proses pembuangan cangkang atau dekapsulasi yang sehingga isinya dapat dengan mudah di konsumsi oleh burayak ikan. Polar red atau artemia dekapsulasi ini tidak menetas, sehingga mempertahankan sepenuhnya energi dan gizi yang digunakan oleh artemia hidup agar dapat menetas.

Ada beberapa manfaat menggunakan artemia polar red ini menurut Michael Pitoy, Managing Director PT Surya Multi Satwa antara lain, meningkatkan pertumbuhan ikan yang lebih baik. Telur (cyst) Artemia tidak perlu ditetaskan, sehingga kandungan energi dan gizi yang terkandung di dalam pakan ini tinggi.

Selain itu, karena ukuran telur (cyst) kecil dan mudah untuk dicerna bibit ikan sehingga menghasilkan pertumbuhan dan tingkat ketahanan hidup (survival rate) yang lebih baik. Aplikasi dapat di tebar langsung atau dilarutkan terlebih dahulu agar lebih mudah mengapung dalam air.

Manfaat lainnya adalah pemberian pakan menggunakan polar red adalah lebih ekonomis. Pasalnya, akan mengurangi tenaga dan biaya peralatan penetasan artemia. “Selain itu, kandungan gizi stabil dan tahan lama dalam kemasan penyimpanan (shelf life 2 tahun), ungkap Michael.

Adapun kandungan gizi yang terkandung dalam artemia polar red ini cukup untuk memenuhi kebutuhan anak ikan untuk tumbuh. Diantaranya, mengandung protein sebanyak 58 persen,  Crude Fat, Moisture 6 persen, Serat 2,2 persen, Lipid 16 persen, Vitamin A, C, D3 dan Vitamin E.

Selain produk Polar Red, PT Surya Multi Satwa juga menjual aneka ragam produk khusus untuk perikanan antara lain, produk untuk kesehatan, suplemen serta vitamin dan produk teknologi pembenihan. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi Instagram @sms.id.official.

 

Reporter : Iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018