Sunday, 24 October 2021


Ditangan Milenial SMK, Ikan Gastor Papua jadi Aneka Olahan

29 Sep 2021, 20:48 WIBEditor : Gesha

Milenial SMK Negeri 1 Tanah Miring Merauke, | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Papua --- Ikan Gastor atau bisa dikenal Ikan Gabus banyak hidup dengan bebas diperairan Merauke, Papua. Namun di tangan milenial-milenial dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Miring Merauke, mereka mengolah Ikan Gastor menjadi tiga produk olahan yang menarik. 

"Pengolahan Ikan Gastor yang dapat dikatakan minim limbah. Dagingnya, diolah menjadi abon. Minyak yang diperoleh dari proses pengukusan dikemas menjadi albuminku, serta tulang dan bagian yang tidak terolah lainnya dijadikan tepung ikan gastor untuk pakan ternak, " ungkap Alicia Farja Alkatiri. 

Alicia menambahkan, Protein yang tinggi pada ikan gastor masih kandung pada tepung ikan gastor yang juga baik digunakan untuk pakan ternak. Bagi manusia, manfaat ikan gastor sudah banyak diulas. Mulai dari Makan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), meningkatkan kecerdasan anak, menjaga kesehatan sistem pencernaan, membantu pertumbuhan dan pembentukan otot, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, hingga memperbaiki gangguan gizi buruk.

"Bagi lansia, ikan gastor dipercaya dapat meningkatkan hemoglobin. Selain itu, mengkonsumsi ikan ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka, mencegah penyakit asma, mencegah penyakit diabets, dan mengobati stroke, " jelas Alicia. 

Dengan pengolahan yang baik dan benar, khasiat ikan gastor dapat dirasakan manfaatnya. Ditangan Putra Putri Merauke, ikan gastor yang lezat dan memiliki manfaat sangat praktis untuk dikonsumsi. Abon dan Albuminku yang dikemas rapi kini telah mampu merambah pasar dunia.

Simon Sirene Sau selaku Ketua Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian mengantarkan berbagai produk hingga ke negeri ginseng. “Kripik Merauke sudah sampai ke Korea Selatan. Sudah saatnya pertanian bangkit yang ditopang dengan berbagai prestasi dari para generasi tani milenial,” rinci Simon. 

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018