Monday, 06 December 2021


Atur Jadwal Melaut, Nelayan Sergei Ikuti SL Cuaca

01 Nov 2021, 12:28 WIBEditor : Yulianto

SL Cuaca untuk nelayan Serdang Bedagai | Sumber Foto:Gultom

TABLOIDSINARTANI.COM, Sedang Bedagai—Bukan hanya petani, nelayan pun wajib tahu informasi mengenai cuaca agar bisa mengatur jadwal ke laut. Untuk membantu nelayan, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, menggelar Sekolah Lapang (SL) cuaca.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Sugiyono mengatakan, SL cuaca ini untuk memperkuat peran kelompok nelayan, penyuluh dan Instansi terkait dalam menyebarkan Informasi cuaca dan iklim BMKG kepada nelayan. SL seperti ini sudah dilaksanakan di Deli Serdang dan Kota Medan.

Para peserta SL nantinya berperan sebagai "Agen BMKG " yang meneruskan dan menyebarluaskan informasi peringatan dini mengenai informasi cuaca dan Iklim BMKG kepada nelayan maupun masyarakat di sekitar mereka tinggal,” katanya.

Sugiyono berharap kegiatan ini menjadi edukasi nelayan supaya paham cuaca, dan dapat mengatur jadwal melaut supaya terhindar dari gelombang tinggi, Bahkan nelayan nantinya juga bisa menentukan zona mana yang banyak ikannya. “Dengan adanya SL ini nelayan dan penyuluh, serta BMKG bisa saling interaksi berbagi pengalaman dan ajang silaturrahmi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Serdang Bedagai, Sri Wahyuni Pancasilawati mengakui, SL ini sangat bermanfaat bagi nelayan di Kabupaten Serdang Bedagai. Pelatihan ini diadakan saat nelayan yang sudah bersiap untuk melaut sampai wilayah yang jauh dan mendapat bekal ilmu cuaca dari BMKG.

"Dalam Pelatihan ini supaya banyak diadakan dialog atau diskusi karena nelayan sudah punya kearifan lokal membaca cuaca secara tradisional,” katanya.

Yuyun sapaan akrab, Sri Wahyuni Pancasilawati berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun di Kabupaten Serdang Bedagai. Apalagi nelayan di Kabupaten ini cukup banyak dan tersebar di berbagai kecamatan. “Kalau bisa ada praktek langsung di lapangan atau kapal. Misalnya, pelatihannya 3 hari yaitu 1 hari teori 2 hari praktek langsung,” ujarnya.

Yuyun juga berpesan kepada Penyuluh Perikanan terus mendampingi nelayan untuk mengedukasi baagaimana penggunaan aplikasi cuaca dengan android. Kepada BMKG Maritim Belawan Medan juga diharapkan dapat membangun sistim di setiap TPI yang ada di Serdang Badagai.

Reporter : RE. Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018