Monday, 23 May 2022


Perikanan Budidaya Akan Dikembangkan di Danau Tempe

17 Jan 2022, 11:59 WIBEditor : Herman

Potensi Perikanan danau Tempe

TABLOIDSIARTANI.COM, Wajo --- Sadar akan potensi besar Danau Tempe terutama di sektor perikanan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi perikanan di Danau Tempe.  

Secara geografis danau Tempe berada pada tiga kabupaten, yakni Wajo, Soppeng dan Sidrap. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Wajo mencoba untuk mengembangkan potensi perikanan yang berada di Danau Tempe.  

"Saat ini aktivitas perikanan yang berlangsung di Danau Tempe adalah perikanan tangkap dengan melakukan aktivitas sumber daya ikan. Ke depan, kita akan kembangkan dengan pola perikanan budidaya yang saat ini sedang kita kembangkan dengan keramba jaring apung,” ujar Bupati Wajo, Amran Mahmud saat berbicara dalam diskusi bersama Wija Lamadukelleng Pecinta Alam (WILPALA), belum lama ini.

Amran Mahmud menerangkan, produksi ikan di Danau Tempe dalam 69 tahun terakhir cenderung mengalami penurunan. Namun berkat upaya penyelamatan yang dilakukan pemerintah dalam beberapa tahun belakangan, populasi ikan perlahan kembali normal, meski masih perlu dilakukan tindakan-tindakan penyelamatan lainnya. 

"Pemerintah Kabupaten Wajo terus berupaya melakukan penyelamatan. Dengan dukungan masyarakat dalam upaya penyelamatan dan pengelolaan Danau Tempe, alhamdulillah produksi perikanan Danau Tempe mengalami peningkatan dalam 5 tahun terakhir. Bahkan, pada tahun 2020 mencapai 17.564 ton," urai Bupati.

Selain menjadi kawasan tangkapan ikan dan reservasi air, Danau Tempe juga berfungsi sebagai sumber cadangan air baku bagi kegiatan pertanian dan rumah tangga. 

Tidak hanya itu, Danau Tempe juga menjadi tempat habitat burung, baik yang tinggal maupun yang bermigrasi. Begitu pula, sebagai kawasan perikanan darat, kawasan budidaya tanaman palawija dan kawasan pariwisata. 

"Danau Tempe merupakan danau multifungsi, baik sebagai tempat berkembang biaknya ikan dan burung, air dari Danau Tempe banyak dimanfaatkan sebagai sumber air baku bagi masyarakat," pungkas Bupati.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018