Friday, 01 July 2022


Asa Nelayan Tempat Pendaratan Ikan Pantai Labu

07 Jun 2022, 13:19 WIBEditor : Herman

Aktifitas Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Pantai Labu Deli Serdang | Sumber Foto:Istansu

TABLOIDSINARTANI.COM, Deli Serdang --- Potensi sumber daya Laut Deli Serdang Sumatera Utara yang sangat besar memerlukan dukungan berbagai pihak. Salah satunya fasilitas pendukung seperti yang ada di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) yang ada di Deli Serdang.

Dengan letak geografik yang memiliki panjang garis pantainya 65 kilometer, membuat Kabupaten Deli Serdang memiliki potensi sumber daya laut yang besar yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk  menyediakan pelayanan kepada masyarakat/nelayan di Deli Serdang, Pemerintah Sumatera Utara memiliki 3 Tempat Pendaratan Ikan (TPI) yang berada di Kecamatan Percut Sei Tuan dan Kecamatan Pantai Labu yang pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, sedangkan yang TPI kecil di Pekan Pantai Labu pengelolaan dilakukan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Saat Tabloid Sinar Tani mengunjungi TPI Pantai Labu banyak sarana dan prasarana yang harus dilakukan perbaikan dan perluasan areal sandar kapal-kapal kecil nelayan. Selain itu ikan-ikan yang baru turun dari laut diletakkan dilantai beralaskan plastik sehingga kotor dan tidak tertata yang membuat kesan TPI  terlihat Kumuh.

Kegiatan di TPI Pantai Labu tidak jauh berbeda dari TPI pada umumnya, diceritakan salah satu pedagang penampung yang sudah 15 tahun berjualan, Rahmad dengan langganan 10 kapal besar nelayan serta 8 orang nelayan dengan sampan kecil. Di TPI Pantai Labu, sistim pembelian pedagang atau toke  langsung naik ke kapal nelayan yang bersandar untuk menawar harga.

“Apabila taksir harga cocok langsung angkat dan juga ditimbang, jadi pedagang berebut sesama toke dengan sportif,” ungkapnya.  

Umumnya nelayan Pantai Labu harus berlayar sejauh 10 mil untuk mendapatkan ikan yang bisa ditempuh 3 atau 4 hari di laut. Ada juga nelayan dengan sampan kecil yang berangkat dari jam 5 atau 6 pagi dan kembali pada jam 3 sampai jam 5 sore dengan pendapatan berkisar Rp 150 ribu sampai Rp 20 ribu/hari.

Pentingnya keberadaan TPI Pantai Labu untuk masyarakat, membuat para nelayan dan pedagang disana memberi harap. Seperti yang diungkapkan Rahmad yang menginginkan adanya perbaikan di TPI Pantai Labu.  

Bukan hanya Rahmad, pedagang lain yang juga menyandarkan kehidupannya di TPI Pantai labu, Iwan Vero mengharapkan bantuan modal usaha dari pemerintah untuk pelaku usaha kecil seperti dirinya.

Bak gayung bersambut, harapan para pelaku usaha dan masayrakat nelayan di Pantai Labu mendapatkan tanggapan wakil rakyat di DPRD Sumatera Utara dari partai Gerindra, Drs Subandi Bsc dan wakil Ketua Dr A Rifai Tambunan MM, bahwa partainya akan mengusulkan perbaikan dan pembangunan sarana prasarana di TPI Pantai Labu dan dalam minggu depan akan membuat kunjungan kerja ke Deli Serdang.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Deli Serdang, Ir Rosmery Sembiring menyampaikan bahwa bulan ini (Juni 2022) pengelolaan TPI dan asetnya diserahkan kepada Pemkab Deli Serdang, kemudian bila ada rencana untuk diperbaiki maka akan dimasukkan dalam RPJM pada tahun 2023.

“Terlebih bila DPRD mau mendukung sudah sangat baik untuk kemajuan Kabupaten Deli Serdang ini penting peningkatan PAD yang pada akhirnya peningkatan pendapatan masyrakat  nelayan. Dan bila anggota DPRD ingin melakukan kunjungan kerja ke Deli Serdang, kami siap mendampingi dan menerima masukan, usul pokir DPRD,” pungkasnya.

Reporter : Istansu
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018