Jumat, 19 April 2024


Pinrang Ekspor Karagenan Ke Inggris dan Jerman

15 Jun 2022, 16:04 WIBEditor : Herman

Petugas Karantina Pertanian Parepare, Melakukan Pemeriksaan Karagen Yang Akan di Eksport Ke Ingris dan Jerman

TABLOIDSINARTANI.COM, Pinrang — Karagen (produk olahan rumput laut) asal Kabupaten Pinrang menembus pasar Inggris dan Jerman. Untuk  memenuhi persyaratan negara tujuan, Karantina Pertanian Parepare, melakukan pemeriksaan administrasi, fisik, serta kesesuaian jenis dan jumlah untuk menerbitkan sertifikat fitosanitari.

"Setelah rangkaian tindakan karantina selesai dilakukan, selanjutnya sertifikat fitosanitari dapat diterbitkan. Kali ini, karagenan akan dikirim ke Inggris dan Jerman," ungkap Sukiman, Pejabat Karantina Pertanian Parepare saat memeriksa 35 ton Karagen senilai Rp 5,2 miliar rupiah di gudang PT BLG. Kamis (02/6)

 

Kepala Karantina Pertanian Parepare, A. Azhar, menyampaikan bahwa PT. BLG merupakan salah satu perusahaan yang rutin ekspor karagenan. Dari bulan Januari hingga Mei 2022, kami telah melakukan sertifikasi ekspor karagenan sebanyak 119 kali. Angka ini melebihi jumlah sertifikasi produk serupa di tahun 2021 yaitu 105 kali. 

"Dengan aktifitas ekspor karagenan yang rutin dilakukan, dapat membuka peluang pasar baru di luar negeri. Peluang tersebut akan menumbuhkan perluasan pasar domestik, investasi, dan devisa pada suatu negara," tutup Azhar.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018