Thursday, 18 August 2022


Tembus Rumania, Karagenan Pinrang Mendunia

22 Jul 2022, 08:51 WIBEditor : Herman

Proses Karantina Karagen Asal Pinrang Sebelum Di Ekspor

TABLOIDSINARTANI.COM, Parepare ---  Produk turunan rumput laut yang sering digunakan sebagai bahan pengental, pembuatan gel, dan emulsifikasi pada makanan.  (Karagen) asal Kabupaten Pinrang Mendunia.

Kualitas karagen asal Pinrang memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal tersebut ditunjukkan dari banyaknya Negara yang berminat dengan produk turunan rumput laut ini. 

Kanada, Australia, Jerman, Tiongkok, Thailand, Spanyol, Amerika Serikat, Inggris, Meksiko, Hungaria, dan Rusia rutin menjadi tujuan ekspor Karagenan asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Bahkan pekan ini, produk karagenan kembali tembus pasar ekspor perdana ke Negara Rumania. Sebelum diekspor, produk karagenan di PT. BLG Pinrang menjalani serangkaian tindakan karantina.

 

Disampaikan Pejabat Karantina Pertanian Parepare, Imawati, dengan kesesuaian jumlah dan jenis serta pengemasan yang utuh pada karagenan tersebut, selanjutnya sertifikat fitosanitari dapat diterbitkan sebagai syarat negara tujuan.

"Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan sertifikasi terhadap karagenan sebanyak 64 ton senilai 19 miliar rupiah yang akan diekspor menuju Tiongkok," terang Irnawati.

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Parepare, A. Azhar, menyampaikan karagenan merupakan salah satu produk unggulan Provinsi Sulawesi Selatan yang rutin diekspor ke berbagai negara.  

Keberhasilan pelaku usaha menambah ekspor karagenan dengan tujuan negara baru, ini menjadi bukti bahwa produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasar global.  

Ekspor Karagenan memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian nasional, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir terutama bagi petani rumput laut.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018