Sabtu, 01 Oktober 2022


Kreatif, ASN di Luwu Utara Manfaatkan Ampas Sagu Jadi Pakan ikan

10 Sep 2022, 09:58 WIBEditor : Herman

Pemanfaatan Ampas Sagu Sebagai Pakan

TABLOIDSINARTANI.COM, Luwu Utara --- Ampas sagu yang berlimpah dan kaya akan karbihidrat, dimanfaatkan Alisman sebagai pakan ikan peliharaannya. Selain memanfaatkan limbah, ampas sagu juga bisa meningkatkan produktifitas ikan yang dibudidaya.

Kreatifitas Alisman seorang ASN di kabupaten Luwu Utara dalam memanfaatkan ampas sagu sebagai pakan ikan bisa di contoh. Selain bisa mengurangi pengeluaran biaya pakan ikan, pemanfaatan ampas sagu yang merupakan limbah, juga merupakan bentuk nyata dalam menjaga lingkungan.

“Ampas sagu ini diambil di tempat pembuatan sagu yang sudah terbuang begitu saja. Jadi, saya berinisiatif manfaatkan untuk pakan ikan atau makanan ikan,” kata Alisman, Rabu (7/9/2022), di Masamba.

Kandungan karbohidrat yang tinggi membuat berbagai jenis ikan yang dipelihara seperti nila, ikan mas dan kamboja dapat tumbuh lebih baik dan lebih cepat.

Alisman berharap para pembudidaya ikan lain bisa mengikuti cara yang sama, yaitu dengan memanfaatkan limbah atau sesuatu yang terbuang untuk dijadikan lebih berguna.

“Intinya, mari kita manfaatkan apa yang ada di daerah kita, selama bisa dijadikan kebutuhan, daripada terbuang, lebih baik dimanfaatkan untuk makanan ikan,” tandas Alisman.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018