Selasa, 21 Mei 2019


Rp 30 Miliar Bisa Diselamatkan dari Penyelundupan Lobster

07 Jan 2019, 15:18 WIBEditor : Gesha

Benih Lobster berhasil digagalkan selama 2018 | Sumber Foto:KKP

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Selama 2018, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengklaim berhasil menyelamatkan Rp 30 Milyar dari penyelundupan lobster dan benihnya.

Angka tersebut pun hanya dari penggagalan yang dilakukan oleh Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I. 

"Totalnya ada sekitar 315 ribu benih lobster yang berhasil digagalkan," tutur Kepala BKIPM Jakarta I Habrin Yak dalam keterangan tertulisnya.

Tercatat, BKIPM Jakarta I telah menggagalkan penyelundupan, antaranya lobster bertelur sebanyak 243 ekor, kepiting dalam kondisi bertelur sebanyak 1.539 ekor, dan kepiting di bawah ukuran 200 gram.

Dalam upaya penggagalan, pihaknya juga dibantu oleh aparat dari instansi lain. Seperti Bea Cukai, Kepolisian, dan aviation security atau pihak keamanan bandara.

Selama ini, kejadian penggagalan benih memang sering terjadi di Bandara Soekarno Hatta. Habrin menambahkan beberapa kasus juga ditemukan melalui pengiriman di cargo. 

"Banyak modusnya.  Salah satunya dengan cara hand carry atau bermakna dibawa langsung dengan menggunakan koper," bebernya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Perikanan (BKIPM) mengapresiasi inisiatif dan penggagalan yang dilakukan oleh aparatnya. 

“Kami memberikan penghargaan kepada 18 mitra atas keberhasilan menggagalkan penyelundupan benih lobster,” kata Kepala BKIPM KKP, Rina. 

Menurut Rina, penyelundupan benih lobster itu tidak sesuai dengan prinsip berkelanjutan yang terus didorong oleh KKP. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018