Senin, 18 Februari 2019


Indonesia Banget ! Makan Bandeng saat Imlek

05 Peb 2019, 10:54 WIBEditor : Gesha

Bandeng selalu ikonik dengan Tahun Baru Imlek | Sumber Foto:ISTIMEWA

Memakan ikan bandeng saat Imlek juga bisa mendatangkan umur panjang sesuai dengan tradisi dan budaya Tionghoa.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Gong Xi Fa Chai !, Begitulah kira-kira salam khas jika kita mengucapkan Tahun Baru Imlek kepada keturunan Tionghoa. Tahun baru Imlek juga identik dengan pesta makanan yang beragam, salah satu yang khas dan hanya ada di Indonesia adalah makan ikan khususnya Bandeng !

Helen Iswara dalam buku berjudul Peranakan Tionghoa Indonesia, Sebuah Perjalanan Budaya, menulis jika seremoni makan ikan bandeng merupakan tradisi dari Tiongkok namun mengalami akulturasi budaya dengan Indonesia, khususnya Betawi di Jakarta.

"Tetapi di Tiongkok Utara, tradisi makan ikan ini tidak ada. Justru Tiongkok Selatan yang ada tradisi itu. Di Indonesia sendiri, makan ikan bandeng hanya ada di Jawa khususnya Jakarta. Di Palembang tidak ada tradisi itu," tulis Helen.

Memakan ikan bandeng saat Imlek juga bisa mendatangkan umur panjang sesuai dengan tradisi dan budaya Tionghoa.

Sebenarnya makan ikan apa saja selain Bandeng pun bisa mengharapkan keberuntungan dalam perayaan Imlek. Karena penekanannya adalah pada kata "ikan" dalam aksara Tionghoa yang bunyinya sama dengan kata "lebih" sehingga diharapkan rejekinya berlebih di tahun tersebut.

Sedangkan menurut Budayawan Alwi Shahab dalam bukunya yang berjudul Robin Hood Betawi, munculnya bandeng dalam perayaan Imlek umum terjadi di wilayah Jabodetabek karena adanya akulturasi dengan budaya Betawi.

"Dalam tradisi Betawi, bandeng juga dijadikan syarat untuk melamar gadis pujaannya. Cialat atau cilaka dua belas bagi mantu yang datang sowan tanpa membawa sepasang bandeng. Calon mantu yang begini tidak punya liangsim atau rasa malu," tulis Alwi Shahab.

Pasar Rawa Belong sering menjadi incaran keturunan Tionghoa berburu ikan bandeng segar untuk perayaan Imlek. Pasar yang sehari-harinya merupakan pasar bunga, menjadi pasar kaget jika menjelang Imlek karena banyak warga Betawi yang menjual ikan bandeng ukuran jumbo.

Tahun 2018 silam saja, ada ikan bandeng jumbo dengan bobot 8,7 kg laku terjual dengan harga Rp 1 juta. Menariknya, ikan tersebut merupakan ikan bandeng laut yang didapat dari daerah Pakis, Bekasi.

Jika Anda termasuk orang yang merayakan Imlek atau hendak memilih ikan bandeng sebagai salah satu sajian istimewa, pilihlah ikan yang masih segar. Pilih ikan bandeng yang bersisik mengkilap, mata yang utuh dan bening serta tekstur daging dan bau ikannya masih jelas. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018