Minggu, 20 Oktober 2019


Rasakan Sego Tewel, Nikmat Khas Pati Jawa Tengah

27 Sep 2019, 06:24 WIBEditor : Ahmad Soim

Sego Tewel | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM – Cobalah makan Sego Tewel saat Anda singgah di Pati, Jawa Tengah. Anda bisa mampir di Gubug Dapur Emak yang berada di tengah Kota Pati.


Menu masakan khas dari Kabupaten Pati ini terbuat dari tewel atau nangka muda dimasak dengan santan sebagai kuah sayur disajikan di atas piring dengan selasar nasi beralas daun.


Sego adalah kata dari Bahasa Jawa, yang dalam Bahasa Indonesianya adalah Nasi. Rasa Sego Tewel segar dan nikmat. Selalu ada tempe goreng. Lauknya bisa berbeda, terkadang ada sedikit daging sapi atau daging ayam. Atau bahkan tidak ada dagingnya. Cukup nasi, bumbu, tewel dan sayuran, kuwah dan tempe goreng. Sedap khas Pati.

Sayuran Sego Tewel di antaranya adalah daun melinjo muda, potongan kacang panjang, daun salam, cabai hijau, cabai merah dan santan kelapa. Untuk bumbunya ada bawang putih, bawang merah, cabai rawit, ketumbar an kencur, garam, gula pasir dan jeruk purut.

Cara membuat Sego Tewel: rebus tulang dengan 1 liter air hingga matang dan kaldunya bening, masukkan sayur, lengkuas dan daun salam, rebus hingga sayur lunak, masukkan bumbu halus,aduk hingga tercampur rata,didihkan, masukkan santan kental, aduk kembali, didihkan, angkat, sajikan hangat.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018