Sabtu, 14 Desember 2019


Harkannas bersama Siswa PAUD, Minta Mama Masak Ikan

21 Nov 2019, 15:37 WIBEditor : Yulianto

Gerakan makan ikan bersama siswa PAUD di wilayah Kelurahan Ciganjur, Jaksel | Sumber Foto:Julian

Ikan mengandung omega 3 yang bisa meningkatkan kecerdasan dan mencegah kepikunan

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Tanggal 21 November menjadi momen bersejarah bagi dunia perikanan Indonesia. Sebab, tanggal tersebut pemerintah telah menetapkan sebagai Hari Ikan Nasional (Harkannas).

Nah, dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional tahun 2019, Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kelurahan Ciganjur, Jakarta Selatan mengadakan Gerakan Makan Ikan bersama siswa PAUD. Selain makan ikan bersama juga dilakukan senam Gemari (Gemar Makan Ikan). Kegiatan berlangsung di RPTRA di Jalan Pasir, Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (21/9)

Staf Kesra Kelurahan Ciganjur, Nani Sumarni mengatakan, kegiatan makan ikan bersama ini dilakukan secara serentak di Indonesia. Untuk di Kelurahan Ciganjur, dilakukan bersama dengan siswa PAUD yang jumlahnya sebanyak 6 PAUD di wilayah Ciganjur.

Dalam kesempatan itu, Nani mengajak, siswa PAUD untuk mengonsumsi ikan. Sebab, ikan mengandung omega 3 yang bisa meningkatkan kecerdasan. Yang suka makan ikan bisa tambah pintar dan cerdas. Makan ikan dapat membentuk sel otak yang baru. Kalau bisa seminggu sekali minta sama mama menu terbuat dari ikan,” tuturnya kepada siswa PAUD.

Bukan hanya itu menurut Nani, ikan juga dapat mengurangi penyakit pikun. Bahkan hasil penelitian di AS, banyak mengonsumsi ikan akan meningkatkan kecerdasan. “Kalau ngga mau sakit pikun banyak makan ikan. Anak adalah generasi penerus kita, diharapkan mereka menjadi anak yang pintar dan cerdas,” ujarnya seraya menambahkan, dengan  mengonsumsi ikan pertumbuhan badan akan jauh lebih tinggi dan kuat.

Selain mengajakan mengonsumsi ikan, Nani juga mengajak siswa PAUD untuk makan sayuran dan buahan, serta minum susu. “Anak yang pinter harus rajin makan sayur dan minum susu. Juga makan buah buahan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Gemari PAUD Ciganjur, Nuraini mengatakan, dengan mengonsumi ikan juga akan mencegah stunting. “Makan ikan itu bagus, kaya orang Jepang pintar-pintar,” tambahnya.

 

 Tingkatkan Kesadaran Makan Ikan

Seperti diketahui Gemari ditetapkan Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Januari 2014. Penetapan itu melalui surat Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia No. 3 Tahun 2014 Tentang Hari Ikan Nasional.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar dan harus dimanfaatkan secara optimal, terutama menjadikan ikan sebagai bahan pangan berprotein tinggi.

Hari Ikan Nasional sendiri diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Selain itu, perayaan ini juga dikaitkan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal.

Sebagai langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggalang sebuah Gerakan Memasyarakatkan Ikan (Gemarikan). Meski sumber daya ikan di Indonesia melimpah, namun rata-rata tingkat konsumsi ikan masih rendah.

Konsumsi ikan penduduk Indonesia pada 2013 tercatat hanya 35,21 kg/kap/tahun atau sekitar 60-70 gram per hari, tahun 2014 sebanyak 37,89 kg/kap/tahun dan tahun 2015 naik sedikit menjadi 41,11 kg/kap/tahun.

 

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018