Wednesday, 03 June 2020


Cara Mudah Mengupas Salak

14 Jan 2020, 16:55 WIBEditor : Yulianto

Salak komoditas unggulan Indonesia | Sumber Foto:dok.Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Siapa yang tak kenal buah salak? Buah eksotis dengan penampakan bersisik memiliki penggemar yang tidak sedikit. Apalagi rasanya yang khas, manis dan sepatnya memang tidak dimiliki oleh buah-buahan lain.

Salak, si buah unik yang kulitnya bersisik tetapi daging buahnya begitu mulus. Bahkan salak menjadi buah lokal primadona yang permintaan ekspornya cukup tinggi. Walaupun menjadi salah satu buah primadona, ternyata ada beberapa orang yang tidak bisa mengupas kulitnya.

Masih ingat kasus Nia Ramadani yang mendapat ledekan dari sang suami karena tidak bisa mengupas salak?  Beberapa waktu lalu, video yang memperlihatkan istri dari Ardi Bakri yang tidak bisa mengupas salak menjadi viral dan trending topic di media sosial. Nia mengakui tidak bisa mengupas buah salak. "Memang enggak bisa (kupas salak) gimana dong?" kata Nia.

Saking tidak tahunya, Nia berpikir mengupas salak harus menggunakan pisau. Memang untuk sebagian orang mengupas salak menjadi persoalan tersendiri, karena kulitnya bersisik dan agak tajam. Kadanag kalau tidak hati-hati bisa melukai tangan.

Padahal membuka salak mudah, cukup dengan menggunakan tangan kosong. Ada empat langkah cara membuka salak. Langkah pertama adalah pastikan salak pada posisi kerucutnya menghadap ke atas saat memegang. Kemudian (langkah kedua), di kerucutnya tersebut cari bagian yang lunak atau kopong. Setelah ketemu, tekan bagian tersebut dengan ibu jari ke arah belakang.

Ketika sudah terbuka, biasanya jauh lebih mudah untuk mengupas kulitnya. Langkah terakhir, belah-belah bagian dalamnya. Apabila tidak suka dengan kulit arinya, dapat dikupas-kupas terlebih dahulu, tetapi kalau suka, bisa langsung dimakan. Mudah bukan mengupasnya? Jadi tunggu apalagi, mari menikmati si buah eksotis yang unik ini.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018