Thursday, 03 December 2020


Sehat dan Cantik dengan Susu Kuda

11 Feb 2020, 13:32 WIBEditor : Yulianto

Aneka produk kosmetik berbahan baku susu kuda | Sumber Foto:Windira

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Susu kuda liar diklaim bisa menyembuhkan beberapa penyakit, bahkan mampu membantu menambah stamina atau kebugaran tubuh. Bukan hanya itu khasiat susu kuda juga bisa untuk kecantikan.

Dengan berbagai khasiat itu, kini banyak orang memburu produk berbahan baku susu kuda. Susu kuda liar yang paling popular di Indonesia berasal dari daerah Sumbawa Nusa Tenggara Barat.  Susu ini memiliki keunggulan dibandingkan susu sapi atau kambing, karena protein yang lebih sedikit, sehingga cocok untuk semua kalangan usia mulai dari bayi hingga lansia, atau orang yang mengalami intoleransi laktosa (alergi susu sapi).

Jahid salah satu distributor dari Susu Kuda Organik ini mengatakan, dalam 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori. Lebih sedikit ketimbang susu sapi 64 kalori. Dengan demikian orang yang meminum susu kuda ini tidak cepat gemuk.

Susu kuda liar ini menurut Jahid, juga tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan, meskipun tidak mengalami proses dipasteurisasi, sehingga dapat tahan terhadap suhu ruangan selama setahun. Hal tersebut karena mengandung bakteri lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus, bakteri ini hidup “memakan” laksota (gula susu) dan mengeluarkan asam laktat.

Asam ini sekaligus mengawetkan susu dan mendegradasi laktosa, hingga orang tidak toleran terhadap susu murni dapat diminum tanpa mendapat masalah kesehatan. Juga terdapat senyawa antimikroba alami galaktoferin yang dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri auto fermentasi (Ph 3,8) dan kadar lemak rendah (1,6%).

Namun demikian menurut Jahid, jika didiamkan selama tiga jam susu kuda akan mengalami proses fermentasi hingga rasanya berubah dari tawar menjadi asam. Susu kuda liar juga akan mengalami perubahan warna menjadi merah akibat suhu udara yang cenderung lebih panas.

“Perubahan itu tidak mempengaruhi rasa dan khasiat, sehingga masih bisa dikonsumsi masyarakat. Tapi alangkah baiknya jika simpan di suhu yang stabil agar lebih tahan awet dan tahan lama,” tutur Jahid.

Jahid menceritakan susu kuda organik ini merupakan susu yang dihasilkan dari kuda liar asal Pulau Sumbawa, sehingga bebas dari pengaruh bahan kimia sintesis, mikroba dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika (GMO). Produk ini juga telah menerapkan sistem produksi, pemprosesan, pelabelan, dan pemasaran sesuai denagan SNI serta jaminan keamanan pangan dari BPOM RI dan NKV (Nomor Control Veteriner).

Dengan kandungan yang ada di dalamnya, susu kuda bermanfaat untuk kebugaran dan stamina serta daya tahan tubuh (antibody). Bermanfaat juga bagi penderita asam urat, tekanan darah tinggi, asma, kanker, magh, TBC, paru-paru, leukemia, tifus, kolera, disentri, sakit kepala, sampai lever hingga ginjal, serta mampu melancarakan pencernaan baik akibat bakteri jahat di usus seperti diare dan infeksi usus.

Susu kuda liar juga bermanfaat untuk kecantikan. Ragam produknya pun banyak. Apa saja? baca halaman selanjutnya.

Reporter : Windira
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018