Saturday, 26 September 2020


Salah Kaprah Tentang Corona, Dari Air Panas Sampai Bawang Putih

16 Mar 2020, 17:24 WIBEditor : Gesha

Virus Corona hanya bisa dilawan dengan menerapkan gaya hidup sehat | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Beberapa hari terakhir beredar di Whatsapp Group mengenai cara melawan Virus Corona dengan menggunakan air garam dan bawang putih. Berikut ini fakta yang diklarifikasi oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Pandemi Virus Corona memang membuat siapa saja merasa panik, aneka informasi yang belum tentu kebenarannya pun selalu ditelan atau dibagikan kembali kepada siapapun. Padahal WHO sudah mengimbau agar jangan mudah percaya dengan informasi dari pihak manapun tanpa validitas resmi.

Dari situs resmi WHO, www.who.int diperoleh beberapa mitos yang diragukan kebenarannya terkait Corona :

1. Mandi air panas dapat mencegah Covid-19?

2. Virus Corona dapat ditransmisikan melalui produk atau barang dari China atau negara mana pun di mana kasus telah dilaporkan?

3. Virus Corona baru dapat ditularkan oleh gigitan nyamuk?

4. Menggunakan alat pengering tangan efektif membunuh Virus Corona?Jika sebelum menggunakan pengering tangan, cuci tangan menggunakan antiseptik.

5. Menggunakan lampu ultraviolet (UV) untuk mensterilkan tangan atau area kulit lainnya? Jangan !  karena radiasi ultraviolet dapat menyebabkan iritasi kulit.

6. Alat pendeteksi suhu panas tubuh tidak menjamin mampu mendeteksi Corona? Bagi yang terinfeksi dan sudah mengalami demam, alat ini cukup berguna. Namun, interval waktu seseorang terinfeksi hingga terjadi demam adalah 2 hingga 10 hari.

7.  Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda dengan maksud membunuh Virus Corona. Yang harus dicatat, alkohol dan klorin mungkin berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi harus digunakan sesuai dengan rekomendasi yang tepat.

8. Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus corona baru. Namun, disarankan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air setelah kontak dengan hewan peliharaan Anda.

9.Vaksin pneumonia tidak bisa melindungi Anda dari Covid-19, virus ini membutuhkan vaksin khusus. Hingga saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan, masih dalam tahap penelitian.

10. Air garam dan bawang putih tidak bisa melindungi Anda dari infeksi Covid-19.

11.  Orang dari segala usia berpotensi terinfeksi Covid-19. Orang dengan usia tua dan orang-orang dengan kondisi penyakit seperti asma, diabetes, penyakit jantung, lebih rentan karena kondisi kesehatan mereka buruk.

12. Obat  antibiotik tidak efektif dalam pencegahan dan pengobatan Virus Corona. Yang harus dicatat, antibiotik bekerja untuk melawan bakteri, sedangkan Covid-19 adalah virus.

13. Sampai saat ini, tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk pencegahan atau pengobatan coronavirus baru (Covid-19). Namun, mereka yang terinfeksi virus harus menjalani perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati.

WHO hanya berpesan, bahwa cara terbaik untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan sering membersihkan tangan. Hilangkan virus yang mungkin ada di tangan Anda dan hindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda.

Reporter : Nattasya
Sumber : WHO
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018