Saturday, 19 September 2020


Membuat Otak Otak Ikan yang Enak, Kenyal dan Gurih

28 May 2020, 13:18 WIBEditor : Ahmad Soim

Otak otak ikan goreng | Sumber Foto:Ahmad Soim

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor – Otak otak ikan rasanya enak dan bergizi. Teksturnya kenyal, dan  gurih bila digoreng. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Siapkan bahan bahannya, yakni fillet ikan, tepung sagu, telur dan santan kelapa. Bumbunya dibuat dari bawang merah, bawang putih, daun bawang, garam dan gula.

Kalau fillet ikan yang digunakan 500 gram, maka tepung sagu yang digunakan bisa 150 gram. Kalau ingin lebih terasa kenyal, tepung sagungnya bisa 200 gram. Telur yang diperlukan sebanyak 2 butir dan cukup diambil bagian putihnya. Dosis santan kelapanya 4 sendok makan.  

Bumbu yang diperlukan untuk bahan bahan tersebut yakni 6 buah siung bawang merah, 6 buah siung bawang putih, garam 3 sendok teh dan gula sekitar 2 sendok makan.

Cara membuatnya, haluskan fillet ikan. Haluskan juga bumbu bumbu tersebut. Campur fillet ikan yang sudah dihaluskan dengan bumbu yang sudah halus. Masukkan santan kelapanya. Lalu aduk sampai rata. Masukkan putih telur. Lalu masukkan sagu.

Selanjutkan gunakan tangan Anda untuk mengaduk sampai menjadi adonan yang menyatu. Lalu masukkan irisan daun bawang. Aduk kembali sampai merata. Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bentuk otak otak pada umumnya. Otak orak ikan siap untuk dikukus.

Otak otak yang sudah dikukus sudah bisa dimakan. Bagi yang suka sensasi kenyal dan gurihnya, otak-otak itu bisa digoreng.  

 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018