Monday, 21 September 2020


Sehat dengan Rempah

29 May 2020, 23:28 WIBEditor : Clara

Minuman berbahan baku rempah menjadi solusi meningkatkan imun saat Covid-19 | Sumber Foto:Yul

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Rempah-rempah menjadi salah satu produk pertanian yang banyak dicari masyarakat pada masa Pandemi Covid-19. Manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan menjadi alasannya.

Banyak jenis rempah yanh bisa dijumpai di pasaran seperti kunyit, temulawak, jahe, kencur, ketumbar, kapulaga, dan masih banyak lainnya. Apa saja contoh manfaat rempah-rempah? Dan bagaimana cara mengolahnya sehingga dapat dikonsumsi sebagai minuman sehat?

Sirup Jamer

Sirup jahe merah (jamer) bermanfaat untuk meningkatkan stamina, mengatasi masuk angin, batuk dan flu.

Bahan-bahan untuk membuat sirup jahe merah (jamer) yaitu 500 gram jahe merah segar, 100 gram kunyit, 100 gram temulawak, 50 gram serai (sereh), 2 kilogram gula pasir, 2 kilogram gula aren, 4 liter air, 1 sendok teh (sdt) garam.

Cara membuatnya, semua bahan rempah dicuci bersih dan dipotong-potong lalu tumbuk dan geprek. Rebus air 4 liter hingga mendidih lalu masukkan bahan rempah, biarkan selama 5 menit dan saring. Satukan gula dan cairan herbal, rebus hingga mendidih.

Sterilkan kemasan botol kaca dengan cara merebus hingga mendidih lalu gunakan untuk kemasan sirup jamer.

Ampas dari bahan sirup ini masih bisa dibuat minuman dengan cara rebus ulang dengan air 3 liter lalu saring dan tambahkan gula aren sesuai selera.

Jamu Bunda

Jamu ini berkhasiat untuk stamina dan maag ini membutuhkan 100 gram kunyit, 100 gram temulawak, 50 gram jahe, 30 gram kencur, 20 gram serai, 11 sendok makan (sdm) ketumbar, 3 bunga pekak, 5 buah kapulaga, 1 liter air.

Cara membuatnya, cuci bersih bahan rempah, lalu potong-potong semua. Kemudian seluruh bahan direbus dengan air 1 liter hingga mendidih, tambahkan garam dan gula aren secukupnya.

Kecilkan api, tunggu sekitar 5 menit. Siap diminum, tunggu hingga hangat. Jamu ini bisa diminum 1-3 kali sehari. Ampasnya bisa direbus ulang, dibuat jamu lagi, atau bisa juga untuk mandi.

Reporter : Tiara/KTNA Jakarta Utara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018