Saturday, 26 September 2020


Sehat dan Segar dengan Jeruk Nipis-Selasih

29 May 2020, 23:31 WIBEditor : Clara

Mau mnim yang segar-segar, coba saja selasih jeruk nipis | Sumber Foto:cla

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Seperti yang kita ketahui, aneka jeruk kaya akan vitamin C yang rasanya manis asam. Jeruk nipis memang tidak berwarana jingga seperti jeruk pada umumnya, tetapi dia terkenal sebagai obat untuk batuk. Selasih merupakan biji dari tanaman basil yang biasanya digunakan sebagai campuran minuman. Bagaimana kalau keduanya kita gabungkan, jeruk nipis dan selasih? Pasti jadi minuman yang menyegarkan.

Minuman jeruk nipis-selasih memang belum banyak ditemui, tetapi kita dapat membuatnya sendiri. Bahan yang diperlukan adalah 2 buah jeruk nipis, 1 sendok makan biji selasih kering, 3 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan air panas/hanagat, es batu secukupnya dan air minum secukupnya.

Pertama, peras jeruk nipis. Lalu hasil perasannya, dimasukan gula pasir. Aduk hingga gulanya larut. Agar selasihnya dapat dikonsumsi, direndam dahulu dengan 3 sendok air panas/hangat. Aduk-aduk sampai bijinya mengembang.

Siapkan gelas, masukkan es batu. Tuang biji selasih yang telah mengembang dan masukkan perasan jeruk nipis yang telah manis ke dalam gelas. Tambahkan air, aduk-aduk sampai merata semuanya. Minuman jeruk nipis-selasih dapat segera dikonsumsi.

Membuat minuman ini, tidak membutuhkan biaya yang banyak. Untuk jeruk nipis, biasanya dipasar dihargai Rp 2 ribu per 3 buah. Sedangkan selasih kering, untuk satu botolnya dihargai Rp 12 ribu per botol dan dapat dikonsumsi dalam jumlah yanag banyak.

Memang sanagat sederhana, tetapi khasiatnya tidak sederhana. Jeruk nipis sendiri berkhasiat melegakan tenggorokan, meluruhkan lemak, meningkatkan imunitas, mebncegah kanker, mengurangi tekanan darah tinggi, mengobati asam urat dan menjaga berat badan.

Biji selasih pun demikian, banyak manfaatnya. Menjaga kesehatan mata, menyehatkan tulasng, sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga sistem pencernaan, mencegah penyakit jantung dan stroke serta menjaga kesehatan kulit.

Jadi tunggu apalagi, yuk kita buat minuman sehat dan segar dari jeruk nipis-selasih. Selamat mencoba.

Reporter : Agustin
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018