Saturday, 15 August 2020


Aneka Agroeduwisata di Sukabumi, jadi Referensi Liburan

11 Jul 2020, 07:25 WIBEditor : Gesha

Aneka agroeduwisata bisa Anda dapatkan di Kecamatan Sukabumi | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Sukabumi --- Dianugerahi lahan pertanian yang subur dan sejuk, Kecamatan Sukabumi kini menjelma menjadi kawasan agroeduwisata yang menarik masyarakat. Apa saja?

Kecamatan Sukabumi adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Sukabami dengan luas wilayah 2.393,261Ha, dari luasan tersebut terdiri atas 457 Ha sawah dan 1.123, 47 Ha lahan darat. Merupakan daerah pertanian dengan komoditas tanaman pangan, hortikultura dan wisata ditunjang oleh ketinggian  antara 850 – 1200 meter dari permukaan laut.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sukabumi melihat prospek dan peluang tersebut untuk dijadikan kekuatan dalam melakukan inovasi pelayanan publik bersama kelompoktanin dalam mendongkrak perekonomian melalui sektor pertanian yang dipadukan dengan sektor pariwisata dengan konsep Agroeduwisata. 

Sejak Juni 2019 sampai sekarang BPP Sukabumi telah berhasil mendorong dan bekerjasama dengan kelompoktani serta pelaku utama yang ada di wilayah Kecamatan Sukabumi.

1. Maya Wortel 

Tempat ini adalah wahana pendidikan  anak sekolah yang diintegrasikan dengan pasar kebun yang dikelola oleh anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Wanasari “Maya Wortel”. Kegiatan edukasi berupa layanan informasi agroeduwisata kebun dan  penjualan hasil produk pertanian dari petani, baik yang sudah ada atau dipetik langsung di kebun.

Nilai inovasi pada upaya mengintegrasikan nilai-nilai edukasi tentang pertanian, pariwisata dengan pemasaran langsung yang memotong mata rantai penjualan (tidak tergantung tengkulak). 

Anak-anak Sekolah (TK dan SD) dapat belajar langsung pertanian di lokasi, Orang tuanya dan masyarakat lain dapat berwisata kebun sekaligus berbelanja untuk kebutuhan rumah tangganya dengan produk/sayuran yang berkualitas, segar, higienis dan jelas harga lebih murah.  Untuk melengkapi pemasarannya, layanan Online juga dapat dilakukan melalui terminarsayur.com.

Wahana ini dikelola langsung oleh seorang petani milenial bernama Maya Pusta yang beralamat di Kp. Baroroke   Jl. Pundok Halimun Desa Perbawati Kecamatan Sukabumi.

2. Aer Farm

Merupakan wahana Agroeduwisata hidroponik milik petani bernama Rocky Poerwawinata anggota Kelompoktani Raharja  dengan konsep Pengarangan Pangan Lestari (P2L) yang beralamat di Kampung Babakankiara Desa Sukjaya Kecamatan Sukabumi.

Di Aer Farm pengunjung bisa membeli sayuran (bayam, pacoy, kalian, kangkung, selada) dengan memanen sendiri dan menyediakan pojok informasi hidroponik, para pengunjung  bisa berkonsultasi cara bertanam dengan sistem hidroponik sekaligus menyediakan dan menjual peralatan hidroponik seperti rockwool, net pot, sumbu panel, nutrisi dan aneka benih. 

Kemudian ada Hasil Sayur Indonesia dan tempat lainnya...

 

Reporter : Diat
Sumber : BPP KECAMATAN SUKABUMI
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018