Sunday, 09 August 2020


Punya Cabai Kering?Semaikan Bijinya dan Hasilkan Cabai Segar

27 Jul 2020, 14:34 WIBEditor : Gesha

Benih cabai kering | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Coba periksa lagi tempat bumbu Anda, adakah cabai kering?Kalau ada lebih baik semaikan bijinya sekarang yuk !

Menanam cabai ini terbilang mudah, asalkan rajin merawatnya. Untuk mendapatkan benih cabai pun tidak sulit. 

Kalau menggunakan cabai kering yang tersisa di dapur, Anda bisa menyemaikan terlebih dahulu biji cabai tersebut dengan merendamnya menggunakan air hangat selama 3 jam untuk mulai mengaktifkan kembali benihnya.

Untuk biji cabai yang mengapung, sebaiknya dibuang karena isinya kosong. Jadi ambil yang berada di dasar. Sediakan polibag kecil sebagai media untuk semainya. Di dalam polibag tersebut, masukan tanah dan pupuk dengan perbandingan 1:1.

Taruh biji cabai pada polibag yang tadi telah disiapkan. Tutup benihnya dengan tanah kira-kira 1 cm. Setelah itu, taruh di tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu.

Tunggu hingga benih berkecambah dan menjadi bibit. Kurang lebih memakan waktu 4 minggu. Selama ini perawatannya adalah selalu menyemprotkan air pada pagi dan sore serta pada pagi hari dijemur sinar matahari selama 1 jam.

Setelah 4 minggu, pindahkan bibit cabai pada lahan atau pot yang lebih besar. Untuk di pot, medianya adalah tanah dan pupuk kompos. 

Dengan perbandingannya 1:1. Siram setiap hari dengan intensitas, sehari 2 kali. Ingat, jangan sampai becek. Cukup basah saja kalau tidak ingin tanaman menjadi busuk.

Selain itu, apabila ada rumput-rumput liar yang tumbuh, segera cabuti karena sumber hama dan penyakit tanaman. Lakukan hal demikian sampai berbuah dan siap dipanen.

Mudah bukan? Kalau begitu, yuk kita tanam cabai #DiRumahAja.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018