Friday, 27 November 2020


Tips Agar Tak Salah Beli Tanaman Hias lewat E-commerce

22 Oct 2020, 14:28 WIBEditor : Gesha

Berbelanja tanaman hias kian mudah melalui e-commerce | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Trend jual beli tanaman hias kini juga merambah di dunia maya (online). Dengan mudahnya kini pecinta ijo ijo bisa memperoleh tanaman hias hanya dengan berselancar di internet. Eits tapi jangan lengah ya!.

"Aku biasa beli tanaman hias lewat online sekarang daripada ke toko tanaman. Banyak pilihannya, tetapi memang harus waspada dan teliti karena tak jarang ketemu yang nipu juga," ungkap salah satu pecinta tanaman hias asal Bogor, Nindy kepada tabloidsinartani.com.

Karenanya, Nindy membagikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika ingin membeli tanaman hias via e-commerce.

"Satu hal yang perlu diperhatikan saat beli tanaman hias online adalah tanggal unggahan si penjual. Misalnya, ada akun penjual yang mengunggah foto tanaman hias pada satu tahun lalu. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu minta foto katalog terbaru, ya!," tuturnya.

Sebelum beli tanaman hias online, Anda juga perlu mengecek reputasi toko. Mulai dari rating hingga komentar yang diberikan oleh pembeli lain. Dengan cara ini, Anda bisa tahu apakah toko tersebut tepercaya atau tidak.

Perlu diingat juga, jangan mudah percaya atau tergiur dengan penjual yang menawarkan harga jauh lebih murah dari harga pasar. Coba bandingkan harga tanaman dari toko satu dengan toko lainnya.

Usahakan juga memilih penjual yang memiliki toko fisik atau berlabel trusted seller. Sebagai tambahan, Anda bisa memilih opsi pembayaran dengan COD (cash on delivery), transaksi lewat rekening bersama, e-commerce.

Kalau Anda pemula, jangan segan untuk ikut komunitas atau bertanya kepada yang ahli. "Anda bisa bertanya mengenai jenis tanaman yang ingin dibeli kepada teman atau keluarga yang sudah biasa membeli tanaman hias secara online," jelasnya.

Sebelum beli tanaman hias, pastikan Anda telah melakukan sedikit penelitian mengenai jenis tanaman tersebut. Bekali diri dengan berbagai pengetahuan tentang tanaman hias, mulai dari jenis, harga, hingga perawatannya. Gali Informasi sebanyak mungkin dengan membaca artikel atau menonton video di YouTube.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018