Jumat, 19 April 2024


Memilih Semangka Manis dan Matang

14 Des 2020, 13:44 WIBEditor : GESHA

Memilih semangka | Sumber Foto:SKWD Food

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Semangka, si buah yang kaya akan kandungan airnya sangat sering sekali dijumpai di berbagai musim. Memang cukup kesulitan untuk mendapatkan semangkan yang berdaging merah segar dan manis. Kalau tidak pintar memilihnya, kita hanya mendaptkan semangka yang dagingnya berwarna merah pucat dan hambar. Di sini Sinar Tani akan membagikan tips memilih buah semangka yang manis dan segar.

Diketuk. Kalau kita membeli semangka, sering sekali kita melihat penjualnya mengetuk-ngetuk buah semangka. Ini merupakan salah satu tips mendapatkan semangkan yang ranum. Semangka yang manis dan matang ketika diketuk-ketuk, suaranya tidak terlalu nyaring. Tetapi apabila diketuk suaranya nyaring dan bergetar, tandanya semangka tersebut tidak manis.

Bercak kuning. Buah semangka ini tidak sepenuhnya berwarna hijau karena ada salah satu sisinya berwarna kuning. Warna kuning ini merupakan bagian semangka yang berada di bawah ketika masih berada di tanamannya. Tidak terkena matahari, sehingga warnanya kuning. Tetapi warna kuning ini menandakan semangka tersebut matang di pohon dan rasanya manis. Jadi pilihlah semangka yang terdapat bercak kuning, bukan putih.

Perhatikan tangkainya. Kalau tangkainya kering, tandanya semangka tersebut matang dan manis. Apabila tangkainya tidak kering, masih terlihat hijau segar, kemungkinan besar semangka tersebut dipanen dini, bukan matang pohon. Tentu saja rasanya akan berbeda dengan yang matang di pohon.

Amati garis dan warnanya. Khasnya kulit semangka adalah memiliki garis-garis berwarna hijau tua. Untuk memilih buah semangka yang manis dan matang, perhatikan garis-garisnya. Kalau warna garis-garisnya hijau pekat, segera ambil karena semangka tersebut manis dan matang. Tetapi perlu diingat, pilih yang warna keseluruhan buahnya adalah yang kusam, jangan mmebeli yang mengkilap karena tandanya belum matang.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018