Sunday, 17 January 2021


Nikmatnya Tempe Benguk, Jajanan Pasar Khas Gunung Kidul

14 Jan 2021, 17:38 WIBEditor : Yulianto

Tempe benguk, jajanan pasar khas Gunung Kidul | Sumber Foto:Dol. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Yogyakarta---Gunung kidul merupakan salah satu  daerah di DI Yogyakarta yang memiliki beragam tempat wisata. Tentunya juga banyak makanan khas yang berasal dari wilayah yang berada di tenggara provinsi yang dikenal sebagai daerah wisata.

Sebut saja, tiwul, chabuk, besengek. Jangan lupa ada gudeg sebagai makanan khas yang sudah sangat populer se Indonesia. Mungkin bagi pelancong atau wisatawan yang tengah berkunjung ke Yogyakarta perlu mencoba makanan tempe besengek atau dikenal juga dengan tempe benguk.

Makanan ini memang mulai langka, sehingga lumayan sulit ditemukan. Namun jangan khawatir, bagi yang masih ingin merasakan cita rasa unik tempe ini bisa menemukan dan mencicipi di Pasar Semin. Ada juga penjualnya di pasar tradisional seperti pasar Pahing, Gunung Kidul.

Tempe besengek makanan terbuat dari tempe mlanding yang dikombinasikan dengan cabai hijau kadang ditambah dengan kulit melinjo. Besengek atau yang disebut juga  Tempe Benguk  sangat nikmat bila disantap ketika hangat.

Rasa gurih dari santan dan aroma rempah pada bumbu memberikan cita rasa yang khas pada makanan satu ini. Bagi yang menyukai makanan pedas, Tempe Benguk ini sangat cocok disantap dengan cabai rawit.

Selain itu Tempe Benguk ini memiliki tekstur yang sangat unik. Meski teksturnya empuk, namun tetap memiliki rasa renyah pada kacangnya, sehingga memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Nikmatnya.

Reporter : Wawan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018