Saturday, 06 March 2021


Antiseptik dari Daun Bidara, Bisa Usir Jin dan Virus

07 Feb 2021, 16:49 WIBEditor : Ahmad Soim

Daun bidara | Sumber Foto:Soim

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor - Tanaman  Bidara dengan nama latin Ziziphus mauritiana mampu beradaptasi dan tumbuh baik di lahan dengan kondisi iklim kering.

Sofyan Setiawan dari Kebun Qur'an dan Wakaf Pohon Bidara mengatakan daun bidara biasa digunakan sebagai ramuan obat tradisional untuk kesehatan tubuh dan obat herbal.

"Pohon bidara bisa tumbuh hingga belasan meter dan dipenuhi buah mungil di hampir setiap tangkainya," katanya kepada Sinar Tani saat safari ke Leuwiliang Bogor (6-7/2).

 

Bidara dikenal dengan berbagai nama, di antaranya widara (Sunda), dara (Jawa), bukol (Madura), rangga (Bima) hingga kalangga (Sumba)

Daun bidara juga dipercaya mampu mengusir pengaruh sihir dan jiin.

'Air yang dicampur dengan daun bidara biasa digunakan untuk memandikan jenazah dan menghilangkan najis.," tambah ustad muda yang mengembangkan ekstrak dan minyak Bidara untuk obat herbal ini. Di antaranya hand sanitizer, madu Bidara, habbat Bidara dan lainnya.

Banyak manfaat yang didatangkan dari tanaman bidara, baik itu dari daun, buah, biji hingga akarnya.

Daun Bidara bisa diolah menjadi ramuan dengan mudah di rumah atau dibuat ekstrak daun Bidara.

Khasiat daun bidara  mulai dari mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan sistem pencernaan، obat flu, virus hingga ampuh menurunkan kolesterol.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018