Saturday, 06 March 2021


Tanam Ubi Ungu di Polybag?Bisa Banget !

14 Feb 2021, 11:57 WIBEditor : Gesha

Pertanaman ubi di polybag | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Toraja Utara --- Bosen ber-urban farming tanaman sayur saja? Ingin mencoba tanam yang lain tapi lahan sempit. Cobain tanam ubi ungu yuk di Polybag atau karung!.

Ubi Jalar atau Ketela Rambat adalah salah satu jenis tanaman umbi yang kaya akan karbohidrat. Tanaman umbi ini bernam latin Ipomoea batatas. Terdapat 3 jenis ubi jalar yaitu ubi ungu, ubi kuning/oranye dan ubi putih.

Banyak orang mencoba membudidayakan ubi jalar baik itu menanamnya di pekarangan rumah ataupun kebun atau ladang, namun selain ditanam ke lahan tanam langsung, ubi jalar ini dapat ditanam di pot, Polybag dan karung bekas.

Penyuluh pertanian dari BPP Saradan, Toraja Utara, Antonius Manggalatung menuturkan untuk pertanaman ubi ungu atau ubi jalar lainnya bisa secara vegetatif maupun generatif. Khusus untuk pertanaman di pot atau Polybag sendiri sebaiknya menggunakan cara generatif yaitu memanfaatkan umbi bertunas dari ubi itu sendiri.

"Ubi jalar yang akan digunakan sebagai bibit adalah ubi jalar yang sudah matang, cukup tua dan sehat. Jika sudah siap," tuturnya. 

Selanjutnya umbi bibit dibelah menjadi dua menggunakan cutter. Selanjutnya tusuk bagian dalam potongan umbi ubi jalar tersebut dengan menggunakan rusuk gigi atau lidi untuk penyangga.

Siapkan gelas yang tinggi namun memiliki penampang yang sempit. Isi gelas dengan air bersih lalu masukkan umbi yang telah dipasangi penyangga ke dalam gelas dan pastikan hanya setengah bagian umbi yang terendam air dan diamkan selama beberapa hari hingga ubi jalar berakar dan bertunas.

"Jika sudah berakar dan bertunas, ambil dan potong umbi menjadi beberapa bagian dan pastikan setiap bagian memiliki akar dan tunas," ungkapnya.

Untuk persiapan media tanam, siapkan campuran tanah halus dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Jika media tanam telah siap, masukkan media tanam tersebut ke dalam karung hingga karung terisi penuh. Selanjutnya buatlah lubang di tengah media tanam dengan ukuran sekitar 5 cm x 5 cm x 10 cm.

"Jika sudah siap semua, selanjutnya lakukan penanaman bibit ubi jalar ke dalam lubang tanam yang telah dibuat. Agar tanaman mencapai ukuran maksimal di setiap karung ditanami satu bibit ubi jalar saja," jelasnya.

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Kecuali pada saat hujan, tidak perlu dilakukan penyiraman kembali. Penyiraman dilakukan dengan menggunakan gembor.

Lakukan pula pemupukan agar unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman ubi jalar. Pemupukan ini dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang, pemupukan tersebut dilakukan setiap 2 minggu sekali. Jika dirawat dengan baik, ubi jalar dapat dipanen setelah berusia 4-5 bulan

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018