Saturday, 06 March 2021


Goguma Ppang, Roti Kekinian Korea Mirip Ubi Ungu

15 Feb 2021, 13:39 WIBEditor : Gesha

Goguma Ppang, roti kekinian mirip ubi ungu | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Semua yang tentang Korea memang tengah digandrungi masyarakat saat ini. Setelah Roti Garlic Bread yang sempat booming, kini giliran Goguma Ppang yang naik daun. Sekilas roti ini mirip ubi ungu. Mau coba?

Roti ubi ungu Korea dikenal juga dengan nama goguma ppang. Dalam bahasa Korea, goguma berarti ubi jalar, sedangkan ppang berarti roti. Seperti namanya, roti ubi ungu Korea ini memiliki bentuk layaknya ubi jalar yang sudah matang berwarna keunguan. Bedanya, goguma ppang merupakan perpaduan roti yang dibuat kenyal seperti mochi dengan isian berupa ubi.

Kulit roti terbuat dari Pine Soft T/202 (tepung gluten) dan pewarna makanan. Bubuk ini bisa diganti dengan tepung tapioka dan tepung ketan. Sedangkan isinya merupakan ubi manis yang sudah direbus dan dihancurkan. Beberapa menambahkan isian keju mozarella atau cokelat untuk memperkaya rasa. Di Korea, goguma ppang sangat populer  dan toko yang menjual goguma ppang selalu dipenuhi antrian.

Sedangkan di Indonesia, resep roti ubi ungu ini sudah dibuat ulang (re-create) melalui kanal youtube dan banyak dijual oleh beberapa toko roti secara online maupun e-commerce. Sejumlah toko roti menerapkan sistem pre-order 2-14 hari untuk memesan roti ubi ungu Korea yang tengah viral ini. Harga yang roti berkisar mulai dari Rp40 ribu hingga Rp100 ribu untuk satu porsi yang rata-rata berisi 4-5 roti.

Salah satu yang membuatnya adalah Carlino Bakes. “Di awal, sehari cuma membuat 20 kotak. Sekarang 200 kotak setiap hari, dan setiap hari ada pengiriman kecuali hari minggu” ujar pemilik Carlino Bakes, Carline seperti dilansir dari Femina.com. Carline berhasil membuat resep Goguma Pan nya sendiri yang sudah dimodifikasi. Menurutnya, roti ubi miliknya sudah disesuaikan dengan kesukaan lidah masyarakat Indonesia.

Soal bahan, ia juga tidak mau sembarangan demi kualitas yang premium. Mentega yang digunakan mentega Prancis berkualitas. Tepung untuk ‘selimut’ roti adalah tepung ubi ungu organik. Ubi untuk isinya pun tidak suma dibuat dari 1 jenis ubi.  Memasaknya pun melalui 2 proses pemasakan dengan teknik yang berbeda.

Jika pada umumnya resep Goguma Ppang masih menggunakan tepung terigu, roti buatannya tidak. Sehingga aman untuk Anda yang tidak bisa atau sensitif terhadap gluten. Satu kotak Goguma Ppang di Carlino Bakes seharga Rp90.000 – Rp95.000 dengan isi 5 buah. Ingin mencoba?

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018