Sunday, 28 February 2021


Hidroponik ngga Harus Mahal, Yuk Ikuti Pelatihannya

16 Feb 2021, 12:19 WIBEditor : Yulianto

Pelatihan hidroponik bersama Tabloid Sinar Tani | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda, ternyata kegiatan pertanian malah naik daun. Bagi masyarakat di pedesaan, pertanian memang bukan kegiatan yang asing. Bagaimana dengan masyarakat kota? Ternyata pertanian kota (urban farming) pun bisa dilakukan.

Urban farming kini menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan di tengah pandemi Covid-19. Dengan tagline #dirumahaja, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk stay at home. Mengisi waktu di rumah dengan berkegiatan urban farming memang mengasikan, bahkan dapat meningkatkan imunitas.

Salah satu kegiatan urban farming yang kini banyak dilakukan masyarakat kota adalah dengan hidroponik. Masyarakat pun dimanjakan dengan belajar hidroponik melalui media online, baik Youtube maupun media sosial lainnya.

  

Sayangnya banyak masyarakat yang tak begitu paham dengan hidroponik. Akhirnya kegiatannya tak berkelanjutan. Karena itu menurut Hidroponic Specialist, Dr. ir. Ani Andayani, M.Agr, menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat untuk memahami basis berhidroponik secara benar hingga bisa panen dengan hasil kualitas prima, meskipun hanya melalui praktek empirik yang sangat sederhana.

Ada beberapa hal yang masyarakat perlu ketahui dalam berhidroponik. Pertama, bahwa nutrisi hidroponik itu tidak identik dengan AB mix. Kedua, hidroponik itu juga tidak selalu mahal karena menggunakan energi listrik besar. Ketiga, hidroponik itu tidak hanya bisa dilakukan para ahli, tapi ibu ibu di rumah juga bisa.

Untuk bisa mengetahui cara mudah berhidroponik, yuk ikut pelatihan bersama Dr. Ir Ani Andayani, M.Agr, Hydroponic Specialist secara virtual bersama Tabloidsinartani pada Sabtu, 20 Februari 2021. Waktunya, pukul 10.00-selesai.

Bagi yang berminat  join Zoom Meeting di https://us02web.zoom.us/j/86194229264?pwd=UHBMNEl6OU04bVBHM0RVTzRycy9LUT09. Meeting ID: 861 9422 9264, Passcode: Sinartani. Gratis dan tempat terbatas. Segera daftar.

 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018