Friday, 16 April 2021


Begini Cara Pasteurisasi Susu Segar di Rumah

05 Mar 2021, 13:16 WIBEditor : Gesha

Memanaskan susu segar menentukan kualitas susu | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Susu memberikan asupan yang sangat baik demi kesehatan tulang dan juga tubuhmu. Nah, salah satu susu terbaik adalah susu sapi murni. Namun perlu penanganan yang berbeda lho agar susu sapi segar ini tidak cepat basi.

Menurut Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Epi Taufik, S.Pt, MVPH, M.Si susu segar yang didapatkan langsung dari peternak harus segera dipasteurisasi.

Caranya yang paling gampang dengan panci besar dan panci kecil. Susunya masukkan ke panci yang diameter lebih kecil. Panci kecil dengan susu itu taruh di dalam panci besar yang berisi air, sehingga double boil.

Hal tersebut dilakukan agar api tak langsung bersentuhan dengan panci yang ada susu di dalamnya. Panas dari api akan merambat ke panci lalu ke air di dalam panci besar tersebut, baru setelah itu merambat ke panci dengan susu di dalamnya dan membuat susu menjadi pecah.

Jika sudah ditata seperti itu, nyalakan api kompor. Tidak perlu menggunakan api yang terlalu besar. Kemudian panaskan sampai suhu 75 derajat celsius selama 15 detik dengan menggunakan thermometer dapur. Kalau tidak punya termometer, dikira-kira saja juga. Begitu pinggiran susunya di sekitar panci itu mulai panas, ada gelembung, dan suara mendesis itu 15 detik langsung matikan.

Setelah dipasteurisasi, kamu bisa menyimpan susu ke dalam kulkas. Masukkan dulu ke botol atau tumblr, pastikan tertutup rapat. Susu yang telah dipasteurisasi bisa bertahan sampai 3 hari dalam kulkas, sedangkan jika disimpan dalam freezer dapat awet 3-6 bulan.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018