Friday, 16 April 2021


Begini Cara Seduh Hasilkan Kopi Mantap

13 Mar 2021, 11:26 WIBEditor : Gesha

Begini cara menyeduh kopi yang benar | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Untuk pecinta kopi, cara menyeduh merupakan titik kritis untuk menghasilkan kopi mantap. Dilansir dari laman Pure Wow, terdapat beberapa kesalahan yang menjadikan rasa kopi kurang mantap karena proses penyeduhan yang salah.

Saat menyeduh kopi, Barista lazimnya menggunakan air di kisaran suhu 195 ° - 205 ° F. Nah, kalangan awam dapat mengakalinya dengan mendidihkan air, kemudian matikan api, lalu biarkan selama 30 detik. Jangan pernah memasukan air yang baru saja mendidih untuk menyeduh kopi. Sebab, ekstraksi kopi akan menjadi berlebihan jika air yang digunakan terlalu panas. Imbasnya, kopi pun menjadi lebih pahit.

Dibandingkan air ledeng, lebih baik menggunakan air yang sudah difilter untuk menjaga keseimbangan mineral dan pH yang tepat. Keseimbangan kandungan mineral pada air tersebut turut berpengaruh dalam menghasilkan citarasa kopi yang enak.

Untuk menjaga rasa, hindari penggunaan air yang telah disuling atau diringankan kadar mineralnya. Rasio air yang digunakan juga perlu diperhatikan, dianjurkan 1gram kopi 15ml air. Perhitungan ini juga berlaku untuk kelipatannya.

Lama memasak atau menyeduh kopi juga mempengaruhi rasa kopi. Rasa terbaik dari kopi akan terasa setelah 4 menit terjadi kontak antara kopi dengan air panas. Jika Anda menggunakan plunger pot, waktu kontak idealnya adalah antara 2 hingga 4 menit. Untuk jenis kopi espresso, lama kontaknya hanya berkisar antara 20 hingga 30 detik saja. Jika rasa yang dihasilkan kurang optimal, kemungkinan waktu kontak antara kopi dengan air panas masih terlalu cepat atau bahkan terlalu lama.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memanaskan ulang kopi Anda. Jika memang sudah dingin, akan lebih baik jika menikmati kopi dalam kondisi tersebut. Meski rasanya sudah memudar, ini jauh lebih baik dibandingkan dengan memanaskannya ulang.

Bagi pecinta kopi biji, lindungi biji kopi dari paparan panas, oksigen, dan kondisi lembab. Nah, simpanlah biji kopi dalam wadah kedap udara supaya aroma khasnya tetap terjaga. Jangan menyimpan kopi di kulkas, sebab bau dari bahan-bahan di sekitarnya dapat mempengaruhi aroma kopi.

 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018