Friday, 07 May 2021


Di Medan Ada Nasi Kentut yang Sedap

04 May 2021, 17:44 WIBEditor : Gesha

Nasi Kentut dari Medan | Sumber Foto:Qraved

TABLOIDSINARTANI.COM, Medan --- Ngomongin kentut biasanya yang terlintas adalah jorok, kotor dan bau. Tapi di Medan, Sumatera Utara ternyata nama Nasi Kentut populer menjadi masakan khas yang justru sedap. 

Dilansir dari buku KULINER SUMATERA UTARA – Harmoni Rasa Diterpa Alunan Gondang Dalam Indahnya Alam Semesta karya Murdijati dan kawan-kawan, Nasi Kentut ini adalah nasi pulen yang dimasak dengan daun kentut (Paederia foelida), ditambah bumbu rempah-rempah yang gurih.

Selain daun kentut, nasi ini juga diolah dengan bumbu rempah-rempah lain seperti kunyit.  Kemudian nasi ini dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan kemudian di kukus atau dipanggang hingga matang. Tidak seperti namanya, penampilan kuliner kebanggaan masyarakat Medan ini sangatlah menggugah selera. Bayangkan nasi pulen hangat yang mengeluarkan aroma wangi daun yang khas. Hmm…siapapun pasti akan merasa lapar dan tergugah untuk segera menyantapnya.

Ada beragam pilihan yang dapat menjadi teman nasi kentut. Mulai dari ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, hingga ayam goreng. Dan jangan sampai ketinggalan sambal terasi atau sambal ijo sebagai pelengkap cita rasa kuliner Indonesia ini. Kenikmatan yang lengkap ini membuat makanan dengan nama unik ini digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bisa jadi untuk memudahkan penyebutan saja, kemudian orang menamakan dengan nasi kentut karena penggunaan daun itu sebagai pembungkusnya. Penggunaan daun kentut sebagai pembungkus menambah sedap makanan yang dibeli.  Lebih mantap lagi jika ditambahkan dengan sambal terasi atau sambel ijo. 

Menu masakan yang menjadi favorit warga Medan ini tidak terlalu mahal. Harga seporsi nasi kentut berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu. Makanan ini kerap kali ditemukan di beberapa warung, mulai dari daerah pemukiman, lingkungan kampus, taman kota, kantin, pasar, kawasan pabrik hingga pusat perbelanjaan  dan tempat wisata. 

Namun apakah sebenarnya daun kentut itu?Dilansir dari Wikipedia, nama lain daun kentut yaitu sembukan atau dalam bahasa latin bernama Paederia foetida. Tanaman ini merupakan tanaman liar di alam terbuka seperti semak belukar. Disebut daun kentut karena memang memiliki aroma yang tidak sedap mirip seperti bau kentut manusia. 

Daun kentut merupakan spesies tumbuhan berasal dari Asia tropis yang tumbuh pula di Mascarenes, Melanesia, Polinesia, dan kepulauan Hawaii. Tanaman daun kentut ini merupakan tumbuhan merambat yang bisa mencapai 1,5 - 1,7 meter. 

Selain itu, daun kentut juga berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Khasiat yang paling terkenal adalah bisa mengobati sariawan, sakit lambung, mengatasi perut kembung. Selain dijadikan pembungkus makanan, daun kentut juga bisa dijadikan lalapan dan sayur. 

 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018