Thursday, 17 June 2021


Punya Kitten? Begini Cara Memandikannya

20 May 2021, 13:11 WIBEditor : Gesha

Agar kitten tampil cantik, mandikan mereka dengan hati-hati | Sumber Foto:Cimeng Kimochi

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kucing  dikenal sebagai hewan yang suka kebersihan diri. Hewan ini suka melakukan self grooming, namun banyak pemilik demi bulu kucing yang terawat dan wangi, mereka memandikan kucing sendiri. Pertanyaannya apakah anak kucing boleh dimandikan ? Lalu bagaimana cara memandikan anak kucing agar aman?

"Anak kucing yang berusia lebih dari 8 minggu tentu boleh dimandikan, karena pada usia tersebut lapisan lemak kucing sudah cukup untuk menjaga suhu tubuhnya. Namun untuk kucing usia di bawah 8 minggu tidak dianjurkan dimandikan karena masih dalam perawatan sang induk," ungkap Dokter Hewan dari Home Pet Care, drh. Nova Pandu yang dihubungi tabloidsinartani.com. 

Untuk diketahui, anak kucing cenderung belum terlatih untuk melakukan self grooming padahal jika dilihat dari sifatnya anak kucing cenderung masih suka bermain sehingga lebih rentan kotor, berbeda dengan kucing dewasa yang sudah terlatih self grooming. "Namun untuk memandikan anak kucing perlu ekstra hati-hati," tambahnya. 

Berikut panduan memandikan anak kucing agar tetap aman.

1. Peralatan Mandi

Sebelum memandikan si kitten kecil ini terlebih dahulu kamu harus menyiapkan beberapa keperluan mandi seperti, tempat mandi ( bisa berupa ember, bak, atau wastafel bayi ), Gayung atau kecil untuk membilas tubuh, Air hangat, Sampo khusus hewan, Handuk bersih, Hair dryer hingga snack kitten sebagai hadiah ketika anak kucing sudah selesai mandi.

2. Potong kuku dan sisir bulu terlebih dahulu

Melihat sifat kucing yang kurang suka terhadap air, ada kemungkinan anak kucing akan berontak saat dimandikan. untuk menghindari cakaran ada baiknya kita  potong kukunya terlebih dahulu. Untuk kucing yang berbulu lebat alangkah baiknya anda sisir dulu bulunya untuk mengangkat bulu yang sudah lepas.

3. Mandikan dengan lembut

Jika semua persiapan sudah selesai waktunya memandikannya. Dimulai dengan memegang kitten menggunakan tangan kiri pada posisi berdiri. Ciptakan suasana yang aman dan nyaman untuk si kitten. Kemudian, bilas dan perkenalkan air pada tubuhnya, namun pastikan airnya hangat. 

Gunakan wadah kecil untuk membilas seluruh bagian tubuh anak kucing secara perlahan. Selama proses ini hindari membersihkan bagian telinga, mata dan hidungnya. Campurkan shampoo kucing dengan air lalu bersihkan  perlahan mulai dari leher, kaki, perut, hingga ekor sambil memberi pijatan lembut agar si kucing nyaman. Jika semua bagian sudah dirasa bersih kamu bisa bilas perlahan dengan air bersih lakukan hingga tidak ada sampo tersisa di tubuh kucing.

4. Bersihkan wajah dan telinga

Untuk membersihkan wajahnya kamu bisa menggunakan kain yang sudah dibasahi oleh air hangat dan mengusapnya secara perlahan. Jika dirasa masih kurang bersih, Anda bisa membasahi kain tersebut dengan air sabun tadi namun perlu hati hati agar tidak kena mata dan telinga si kucing. 

5. Keringkan Tubuhnya

Setelah selesai semua , keringkan tubuh anak kucing dengan handuk bersih yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika anak kucing berbulu panjang, bkamu bisa menggunakan hair dryer dengan tingkat panas paling kecil, lalu bedong anak kucing agar iya terasa hangat. 

Agar kitten tidak stress setelah mandi anda bisa memberikan cemilan favorit sikitten sebagai pengalih perhatian dia.

 

Reporter : Wawan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018