Wednesday, 01 December 2021


Usir Tikus dari Rumah, Coba Pakai Mengkudu

16 Jun 2021, 16:15 WIBEditor : Yulianto

Buah mengkudu | Sumber Foto:DOk. SInta

 

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Keberadaan tikus di rumah kerap sangat mengganggu pemiliknya. Selain mengincar makanan, banyak peralatan baik furniture maupun elektronik yang bisa rusak digigit hewan pengerat ini.

 

Tikus masuk kategori hama yang perlu dibasmi. Selain merusak peralatan rumah, ada potensi penyebaran penyakit pes yang ditularkan hewan ini. Ada banyak cara mengendalikan dan mengusir tikus dari rumah. Penggunaan racun dan lem tikus, serta jebakan menjadi cara yang sering digunakan masyarakat menyingkirkan hewan pengganggu ini.

 

Sebenarnya ada cara lami untuk mengusir tikus yaitu menggunakan mengkudu atau pace. Pohon buah mengkudu ini mudah dijumpai di sekeliling kita, bahkan di pinggir jalan disekitar komplek perumahan kita mudah mendapatkan.

 

Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan buah-buahan berwarna hijau yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Buah ini dikenal karena baunya yang sangat menyengat, dengan penampilan yang kurang menarik.

 

Buah mengkudu ini dipercaya memiliki manfaat mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin c tinggi yang terdapat dalam buah ini mampu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh bagi orang yang mengkonsumsi.

 

Selain manfaat kesehatan yang bisa diperoleh, ternyata ada khasiat lain dari buah ini yaitu mengusir tikus secara efektif. Bau tidak sedap menyengat yang dikeluarkan buah ini sangat tidak disukai tikus.

 

Karena itu mengkudu menjadi salah satu alternatif alami mengusir keberadaan tikus dari dalam rumah. Apalagi menggunakan racun kimia berbahaya dan tidak ramah lingkungan.

 

Cara Meracik

 

Ada dua cara untuk meracik buah mengkudu untuk mengusir tikus. Pertama memotong buah mengkudu yang masih berwarna hijau kecoklatan menjadi beberapa bagian dan meletakkannya  di setiap sudut rumah dan tempat tikus biasa masuk. Potongan buah mengkudu juga harus di taruh di gudang dalam rumah yang biasa dijadikan sarang tikus.

 

Kedua, selain dengan potongan buah mengkudu, cara lainnya yang bisa dilakukan dengan menghancurkan buah mengkudu menggunakan mesin blender. Kemudian dicampur dengan air menjadi larutan ekstrak mengkudu. Masukkan cairan tersebut kedalam botol semprot, kemudian semprotkan cairan mengkudu pada lubang tikus secara langsung.

 

Dengan cara ini, tikus akan keluar dan pergi jauh dari tempat yang disemprotkan cairan ekstrak mengkudu. Akhirnya tikus pun akan keluar dan tidak akan betah berlama-lama menetap di rumah, karena bau cairan ini sangat menyengat.

 

Penggunaan mengkudu sebagai bahan alami sangat aman, sehat untuk lingkungan dan tidak membahayakan bagi anak-anak ataupun hewan peliharaan di rumah. Selain itu, karena buah ini bisa didapat secara mudah dan gratis, bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk menyingkirkan tikus dari rumah kita.

 

Reporter : Iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018