Tuesday, 03 August 2021


Jeprat Jepret Foto Talas Dapatkan Hadiah Jutaan, Mau?

19 Jul 2021, 08:48 WIBEditor : Gesha

Lomba Foto Talas Nusantara | Sumber Foto:AGH IPB

TABLOIDSINARTANI.COM, JAKARTA --- Anda suka fotografi?Tertantang untuk berburu foto yang beda?Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor (IPB University) miliki event Lomba Foto Talas Nusantara. Pemenangnya bisa dapat uang tunai jutaan dan dimuat pada buku Compendium the Beauty of Taro in Nusantara.

Indonesia menjadi salah satu pusat keragaman genetik plasma nuftah talas. Meski demikian, hingga saat ini masih sangat jarang ditemukan dokumentasi terkait eksplorasi kekayaan plasma nuftah tersebut. 

"Salah satu upaya eksplorasi yang dapat dilakukan adalah dalam bentuk lomba foto yang melibatkan masyarakat umum. Hal ini akan meningkatkan jangkauan eksplorasi karena pada dasarnya keanekaragaman tersebut hidup berdampingan dengan masyarakat," ungkap Ketua Tim Eksplorasi Talas Nusantara yang juga Kepala Departemen Agronomi dan Hortikultura, Prof. Dr. Edi Santosa, SP, M.Si kepada tabloidsinartani.com, belum lama ini.

Karena itu, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor (IPB University) menggelar Lomba Foto Talas Nusantara untuk masyarakat umum, guna mendokumentasikan keanekaragaman talas nusantara disertai dengan praktek budidaya yang ada ditengah-tengah masyarakat dan ekologi tumbuhnya. Foto dan kegiatan tersebut akan terhimpun dalam buku Compendium the Beauty of Taro in Nusantara dan menjadi dokumentasi pertama untuk talas di Indonesia.

Lomba Foto Talas Nusantara ini terbagi menjadi dua kategori, Biodiversitas Talas Nusantara yang menampilkan keragaman, keunikan dan keindahan talas di Indonesia. Sistem Produksi Talas di Indonesia yang menampikan budidaya talas proses panen, ekologi lahan, petani talas dan hama dan penyakit talas. 

Semua umur diperbolehkan mengikuti Lomba Foto Talas Nusantara dan bisa mengikuti dua kategori sekaligus. Setiap kategori, per peserta bisa mengirimkan maksimal 3 foto dengan angle yang berbeda. Foto harus karya asli peserta, belum pernah dipublikasikan, mengikuti kompetisi atau kontes foto lain. Foto tidak mengandung SARA, pornografi, dan tidak mendeskriditkan pribadi atau institusi.

Foto bisa menggunakan kamera DSLR, kamera saku, atau kamera handphone. Editing foto hanya diperbolehkan untuk mengoreksi warna, kecerahan, dan kontras foto tanpa mengubah keaslian subjek foto. Format foto berwarna dengan media digital. Foto dalam bentuk format –JPEG- dengan resolusi minimal 300 dpi dan sisi terpanjang foto minimal 3000 pixel.

Pada tiap kategori disertakan informasi dan deskripsi obyek foto yang meliputi Identitas fotografer (Nama, Profesi), Tanggal pengambilan foto, Nama Botani (jika tahu), Nama lokal dan Lokasi (Desa-Kecamatan-Kabupaten-Provinsi), Agroekologi/ Ekologi (sawah, lading, atau perkarangan), Perkiraan ukuran umbi (panjang dan diameter),  Umur tanaman hingga Potensi pemanfaatan.

Kirimkan foto melalui e-mail ke : talasipb-fao@apps.ipb.ac.id  dan cc ke alya_syifafh@apps.ipb.ac.id dengan subject email : Lomba Fotografi_Kategori Lomba_Nama Peserta

Gimana?Tertarik untuk ikutan lomba ini?Ayo segera submit foto Anda, karena batas terakhir pengiriman foto maksimal pada tanggal 25 Juli 2021 pukul 23.59. 

Pengumuman pemenang akan ditampilkan 27 Juli 2021 di www.tabloidsinartani.com dan Website AGH IPB http://agh.ipb.ac.id

Keterangan lanjut Anda bisa menghubungi Alya https://wa.me/6282211181290 

 ====

TABLOID SINAR TANI juga memiliki beragam pelatihan online maupun FGD menarik lainnya,

Biar tidak ketinggalan, Please Subscribe Media Sosial Tabloid Sinar Tani dan Share sebanyak-banyaknya.

Youtube : SINTA TV (https://bit.ly/3krjz5e)

Facebook Page : TABLOIDSINARTANI.COM (https://bit.ly/3kvBCYa)

Instagram : @tabloidsinartanicom (https://bit.ly/3rg2XyC)

twitter : @SinarTaniST (https://bit.ly/3kyzXkm)

 
Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018