Tuesday, 03 August 2021


Endeusnya Bakso Sagu Organik

22 Jul 2021, 06:42 WIBEditor : Gesha

Bakso daging dengan campuran sagu organik | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Manokwari --- Sisa Daging Kurban masih banyak? Binggung mau diolah jadi apa lagi? Yuk coba buat bakso sapi dengan sagu organik. Cukup sediakan 1 kilogram daging dengan 500 gram tepung sagu organik. Hasilnya, tidak kalah dengan bakso lain dengan berbagai campuran bahan tambahan.

Tepung sagu sebagai bahan pengisi pada pembuatan bakso bertujuan untuk menyebarluas pemanfaatan bahan berpati selain tapioka dan maizena. Terlebih di Papua dan Papua Barat sedang digencarkan kegiatan wisata sagu. Dengan pemanfaatan sagu sebagai bahan pengisi pembuatan bakso masyarakat mendapat varian baru dari mengkonsumsi bakso.

Selain menggunakan daging sapi, pembuatan bakso juga dapat menggunakan daging rusa, kerbau, ataupun daging ayam.

Hasil uji coba dari Laboratorium Peternakan Terpadu Polbangtan Manokwari dengan memanfaatkan daging ayam yang dicampur dengan sagu organik memperoleh warna bakso yang menyerupai bakso sapi tanpa penambahan pewarna.

Tepung Sagu Organik yang diperoleh dari Anggi Mart, salah satu toko sayur dan buah segar di Manokwari. Simon Tabuni, pimpinan Anggi Mart sangat mendukung pembuatan bakso berbahan dasar tepung sagu.

Sang Pengerak Papua Muda Inspiratif ini pun menginisasi untuk membuat mie sagu ataupun es krim sagu. Terbayangkan nikmatnya wisata sagu, dihidangkan dengan es krim sagu, mie sagu dan juga semangkok bakso sagu organik. (Nsd)

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018