Tuesday, 03 August 2021


Sarapan Seupan Taleus, Kenyang Berenergi

22 Jul 2021, 07:12 WIBEditor : Gesha

Seupan Taleus | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Sarapan makan nasi goreng atau nasi uduk sudah biasa. Cobain deh sekali-kali Seupan Taleus (Talas Kukus), pangan lokal yang bikin kenyang tapi tetap berenergi sampai siang nanti.

"Talas cukup dikukus, terus dipotong-potong beberapa bagian, bisa pakai kelapa parut dan gula merah kalau mau. Tapi dimakan biasa juga enak, " tutur penjual Seupan Taleus di kawasan Suryakencana Bogor, Aa Irpan yang biasa buka mulai pukul 07.00 - 18.00 WIB. 

Diakui A'Irpan, pembeli sebagian besar mencari Seupan Taleus untuk sarapan, bahkan pembelinya ada yang jauh-jauh dari Jakarta untuk beli sarapan Seupan Taleus. "Sebelum PPKM Darurat ini, kalau akhir pekan rame banget, yang beli tapi makannya di mobil. Banyak yang subuh pergi dari Jakarta buat sarapan Seupan Taleus, " jelasnya. 

Sembari melayani pembeli, A'Irpan juga berpromosi tentang khasiat kesehatan yang dikandung dalam Talas. "Talasnya bisa mencegah penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, liver, " tuturnya. 

Promosi A'Irpan ini ternyata sesuai dengan penelitian gizi yang sudah dilakukan sejak lama. "Talas atau di dunia Internasional dikenal dengan nama Taro, setiap 104 gram beratnya mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin D, Vitamin B-6, B 12, Zat Besi, Magnesium, dan Kalsium, " beber Kepala Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB, Prof Edi Santosa dalam acara FGD bertema “Talas Tak Hanya Bogor” yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani, Rabu (21/07). 

Tak hanya kandungan zat tersebut, total lemak dalam 104 gram Talas hanya 0,2 gram, sedangkan kandungan kolesterolnya pun 0 gram. Untuk kandungan karbohidratnya sekitar 28 gram yang 17 persennya adalah serat pangan (dietary fiber). 

Melalui penelitian yang dimuat dalam Annals of Internal Medicine, kandungan serat pada Talas pada talas yang cukup tinggi, bisa menjadi upaya untuk menurunkan berat badan dengan memasukkan umbi-umbian ini dalam menu diet. Selain itu, kandungan serat dalam talas juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Kalori yang dihasilkan ketika makan 104 gram Talas, adalah 117 kcal sehingga bisa disimpulkan jika memakan Talas ini mampu memberikan energi yang cukup untuk kebutuhan kalori. Nilai kalori ini lebih rendah dibandingkan nasi dengan nilai kalori 130 kcal dalam 100gram.

Jadi, mulai tertarik sarapan dengan Seupan Taleus? 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018