Sunday, 26 June 2022


Begini Cara Membuat Rangkaian Bunga

23 Aug 2021, 07:38 WIBEditor : Gesha

Rangkaian bunga | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Merangkai bunga tentu saja membutuhkan rangkaian dasar yang menjadi base utama. Tak rumit sebenarnya, hanya perlu ketekunan. 

“Merangkai bunga bukan hanya bisa menyehatkan jiwa dan raga kita, memberikan keindahan, namun juga membantu kesejahteraan petani dan pedagang bunga. IPBI mempunyai tim untuk sertifikasi profesi merangkai bunga,” kata Ketua Umum Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI), Lucia Laras. 

Mengenai teknik merangkai bunga, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan IPBI Andi Jati Utomo mengatakan setidaknya ada 15 bentuk rangkaian dasar yang bisa dijadikan base rangkaian bunga. 

"Pertama adalah rangkaian bulat, yang bisa dilihat dari segala arah, kedua adalah rangkaian oval horizontal yang biasanya diletakkan di atas meja makan berbentuk persegi panjang, ketiga rangkaian bentuk L, keempat rangkaian T terbalik, kelima rangkaian diagonal, keenam rangkaian cresent, ketujuh rangkaian hogarth “S”, kedelapan rangkaian square segi empat, kesembilan rangkaian vertikal, kesepuluh rangkaian kipas, kesebelas rangkaian segitiga sama kaki, keduabelas rangkaian segitiga siku siku, ketigabelas rangkaian segitiga asimetris, keempatbelas rangkaian lengkung terbalik, kelimabelas rangkaian segitiga sama sisi, “ beber Andi.

Andi menambahkan, dalam membuat rangkaian bunga, Anda membutuhkan pisau, jenisnya yang biasa untuk mengupas buah, mata pisau pendek, dan gunting khusus merangkai bunga.

Berikut ini adalah alat dan bahan yang bisa digunakan dalam membuat rangkaian bunga :

1.  Bunga Potong terdiri dari 1 ikat rose putih 20 batang, 1 ikat rose merah 20 batang, 1 batang lily, 1 batang baby breath, 1 ikat daun ruscus, 5 batang daun leader life

2. Pot/vas bunga

3. Floral Foam / Oasis 

4 Gunting/cutter/pisau

5. Kain lap

6. Plastik Sampah

7. Selotip, kawat pita (optional bila diperlukan)

Cara Membuat :

1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan, pastikan floral foam / oasis dalam keadaan basah, selanjutnya letakkan foam basah tersebut ke dalam pot yang sudah disediakan.

2. Untuk memulai merangkai, terlebih dahulu sudah ditentukan konsep rangkaian seperti apa yang akan dibuat, biasanya disesuaikan dengan acara yang akan diadakan. 

3. Memilih kombinasi bunga, dengan memilih minimum tiga bunga dengan jenis berbeda, dan pilih salah satu jenis bunga yang berukuran lebih besar dan memiliki warna yang menonjol dibandingkan dua bunga lainnya untuk diletakkan di bagian tengah. 

4. Potong tangkai bunga dan bersihkan daunnya, potong batang runcing membentuk sudut 45 derajat, biasanya setiap tangkai bunga dipotong dengan tinggi yang berbeda-beda, namun tidak kurang dari tinggi vas. Untuk menghindari kesalahan, letakkan tangkai bunga sejajar degan vas bunga pada saat memotongnya.

5. Tata bunga sesuai dengan kreasi yang diinginkan. 

Merawat

Sebelum dibuat rangkaian bunga, bunga Potong dari pengiriman, sebaiknya dikeluarkan langsung dari packingnya lalu simpan dalam wadah yang sudah diisi air bersih dengan etinggian air sekitar 5 – 7 cm dan jangan sampai daun pada batang terendam air.

Usahakan setiap jenis bunga ditempatkan pada wadah yang berbeda-beda, dan untuk tetap menjaga kesegarannya, letakkan bunga di tempat yang sejuk dan tidak terkena matahari langsung. 

Sementara untuk merawat rangkaian bunga agar tahan lama adalah dengan memastikan floral foam / oasis selalu dalam keadaan basah. 

Kemudian, pastikan  rangkaian bunga diletakkan pada ruangan dengan suhu normal dan konstan, jauh dari sinar matahari langsung, cahaya lampu yang panas dan hembusan angin yang kencang. 

Jika disimpan dalam vas, tempatkan bunga potong pada vas / wadah yang bersih. Gunakan air hangat, karena molekul air hangat akan lebih cepat terserap saat bunga kehilangan kelembapan.  Rangkaian bunga diletakkan pada ruangan dengan suhu normal dan konstan, jauh dari sinar matahari langsung, cahaya lampu yang panas, dan hembusan angin yang kencang.

Paling penting adalah jangan semprotkan air langsung pada bunga. Potonglah tangkai bawah 1 cm setiap hari, agar bunga tidak kebanyakan air sehingga dapat membuat bunga menjadi cepat layu.

Sesuaikan jumlah air agar batang tidak terlalu tinggi terendam dan jangan ada daun yang terendam air. Isilah air ke dalam vas bunga setinggi 2 cm dari tangkai paling bawah, dan rutin mengganti air setiap 1 – 2 hari sekali. 

 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018