Saturday, 23 October 2021


Turunkan Kolesterol dan Hipertensi dengan Murbei

28 Sep 2021, 17:50 WIBEditor : Yulianto

Tanaman murbei ternyata kaya manfaat untuk kesehatan | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang ---Murbei dikelompokkan ke dalam famili Moraceae. Murbei yang kerap dikenal dengan nama besaran ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan hipertensi.

Murbei merupakan tanaman tahunan dengan tinggi bisa mencapai 9 meterTanaman ini memiliki batang berkayu, bulat, ungu saat masih muda dan setelah tua berwarna coklat. Daun tunggal bulat telur, ujung bergerigi, dan pertulangan menyirip. Bunga majemuk, buah buni masih muda hijau, oranye, dan setelah tua hitam. Besaran memiliki akar tunggang berwarna putih kekuningan.

Daun murbei mengandung asam amino, zinc, vitamin (A,B1,C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarate, asam folat, dan myoinositol, dan fitoestrogen. Bagian ranting mengandung tanin dan vitamin A. Buah mengandung cyanidin, asam linoleate, asam stearate, asam oleat dan vitamin karoten dan biji mengandung urease.

Manfaat daun bisa digunakan untuk mengobati demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi, kencing manis, kaki gajah, radang mata merah, muntah darah, batuk darah, batuk berdahak. Selain itu mengurangi kolesterol, mengobati tidak datang haid, gangguan saluran cerna, peluruh air sen,i obat demam, obat malaria, dan tekanan darah tinggi kulit.

Sedangkan kulit akar digunakan untuk sakit gigi, tidak datang haid, batuk berdahak, sesak nafas, muka bengkak, kencing yang nyeri dan susah kencing, dan cacingan.

Buah untuk tekanan darah tinggi, jantung berdebar, kencing manis, rasa haus dan mulut kering, sukar tidur, batuk berdahak, pendengaran berkurang dan penglihatan kabur, telinga berdenging, sembelit pada orang tua, kurang darah, sakit otot dan persendian, sakit tenggorok, serta rambut beruban sebelum waktunya.

Ranting untuk rematik, tangan dan kaki terasa baal dan sakit, sakit pinggang, kram pada tangan dan kaki, tekanan darah tinggi, serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Zat aktif edysteron yang terdapat pada daun murbei atau besaran bersifat hipoglikemi atau menurunkan kadar gula dalam darah. Ekstrak daun murbei dapat menurunkan kadar glukosa darah dan pengaruhnya nyata dalam menurunkan kadar glukosa darah tikus diabetes induksi aloksan.

Efek hipoglikemi yang dihasilkan oleh ekstrak air yang berasal dari daun muda segar paling kuat dibandingkan dengan jenis ekstrak lainnya karena menunjukkan penurunan kadar glukosa darah. Pemakaian buah besaran sebaiknya dihindari untuk penderita diare dan adanya kelainan limpa dan lambung.

Untuk mengobati hipertensi bisa menggunakan daun murbei segar 5 gram ditambah 2 gelas air. Daun murbei dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring lalu dibagi dua diminum pagi dan sore.

Dapat juga dengan buah murbei segar 10 gram ditambah  1 gelas air matang. Buah murbei diblender dengan segelas air matang, hasilnya diminum sekaligus.

Sementara untuk menurunkan kolesterol darah, gunakan 10 gram daun murbei segar dan 3 gelas air. Daun murbei segar dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan air saringannya diminum sekaligus lakukan setiap hari.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018