Wednesday, 01 December 2021


Cara Aman Kirim Durian

01 Nov 2021, 13:08 WIBEditor : Gesha

Durian penyimpanan | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Papua --- Buah durian, buah yang terlihat seperti mahkota, sangat banyak penggemarnya.  Buah yang kerap disebut King of Fruit ini merupakan buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara.  Berbagai daerah di sekujur Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, memiliki kekhasan buah durian masing-masing, termasuk di Manokwari, Papua Barat.

“Tidak mudah menyajikan durian dari Manokwari ke meja makan di Jakarta," ungkap Zainal Abidin, penggila durian Tak hanya di Jakarta, penggemar durian betebaran seantero jagat.  Lantas bagaimana cara mengirim durian khas daerah ke wilayah lain?

Langkah pertama adalah menyiapkan wadah kedap udara.  Daging durian yang sudah dikeluarkan dari kulitnya segera dimasukkan ke dalam wadah itu.  Upayakan meminimalisir udara di dalam wadah, sebelum menutupnya rapat-rapat.  

Langkah berikutnya, segel bagian tepi wadah dengan menggunakan lakban untuk menghindari keluar-masuk udara, termasuk keluarnya aroma durian yang berpotensi mengganggu orang-orang yang tidak suka durian.  Selanjutnya, masukkan ke dalam lemari pendingin hingga 12 jam atau sampai durian membeku.

Setelah dipastikan durian membeku, proses pengiriman bisa dilakukan dengan memasukkan durian beku ke dalam tas pendingin yang sudah terdapat penutup dan mampu membuat suhu tetap stabil.  Bisa juga dengan membungkus wadah durian dengan menggunakan kertas koran bekas dan plastik.  Ada juga yang menyarankan untuk menabur bubuk kopi, agar aroma tajam durian tidak menyengat.

Mudah bukan, cara mengirim durian dari satu daerah ke wilayah lain? Selamat Mencoba! 

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018