Wednesday, 01 December 2021


Nikmatnya Bubur Bassang asal Makassar di Tanah Papua

01 Nov 2021, 15:15 WIBEditor : Gesha

Bubur Bassang | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Papua --- Bagi masyarakat Bugis, Bubur Bassang bukanlah sesuatu yang istimewa disana. Tapi kalau Anda ke Papua, khususnya di Manokwari dan bisa mencoba Bubur Jagung Pulut ini, rasanya pasti akan berbeda. 

Kenyang tak harus dengan nasi, tidak seperti bubur pada umumnya yang berasal dari beras.  Bubur bassang berasal dari jagung pulut atau jagung ketan yang diolah sedemikian rupa. Di Manokwari, Anda bisa menjumpai penjual bubur jagung pulut ini dengan sepeda motor, meskipun ada juga yang membuka warung di pasar tradisional bahkan dipasarkan melalui media sosial.

Salah satunya Caca Idha, wanita asal Ambon ini mahir membuat aneka kudapan termasuk bubur bassang. Idha menghabiskan dua kilogram (kg) jagung pulut yang sudah dibersihkan kulit arinya setiap ada pesanan, dan selalu habis terjual.  Selain jagung pulut bahan-bahan lain yang diperlukan antara lain santan, garam, gula pasir, susu kental manis, tepung maizena, atau ada juga yang menggunakan tepung terigu.  Gula pasir juga menjadi pelengakap sebagai taburan bubur bassang, terkadang penjual biar makin kekinian kerap ditambahkan dengan keju ataupun coklat bubuk sebagai taburan.

Selain mengenyangkan, mengkonsumsi jagung pulut banyak manfaatnya lho.  Kaya akan karbohidrat, jagung pulut mampu meningkatakan daya tahan tubuh, serta mampu mempercepat proses pemulihan pasca sakit.  Adanya kandungan amilopektin dalam jagung pulut, mampu mensabilkan kadar gula dalam darah, dan yang pasti jagung pulut cocok untuk diet.

Resep membuat bubur bassang yang praktik, bisa dengan mudah diterapkan.  Tak membutuhkan waktu yang lama, untuk memasak semangkuk bubur basssang nan hangat.  Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Manokwari atau pun Makassar.

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018