Monday, 06 December 2021


Inilah 20 Finalis Lomba Kreasi Pangan Lokal

23 Nov 2021, 14:47 WIBEditor : Yulianto

Lomba Kreasi Pangan Lokal 2021 | Sumber Foto:Dok. BKP

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Lomba Kreasi Pangan Lokal Nusantara Tahun 2021 menjadi cara baru untuk mengajak milenial bahwa kenyang gak harus nasi. Dalam ajang tersebut, sebanyak 20 peserta dari berbagai kampus terpilih menjadi finalis.

Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy mengatakan, sebagai salah satu aksi nyata dalam mendukung suksesnya program diversifikasi pangan tersebut, Kementerian Pertanian mengadakan Lomba Kreasi Pangan Lokal Nusantara (KPLN) 2021 tingkat mahasiswa.

Lomba ini bertujuan untuk menggali kreativitas mahasiswa dalam mengkreasikan resep makanan utama atau one dish meal (bukan snack) yang menggunakan bahan pangan lokal. Diantaranya, sagu, jagung, pisang, singkong, talas, ubi jalar, atau sorgum sebagai ingredient utama sumber karbohidrat.

Melalui lomba ini kami berharap muncul resep unik dan unggul dari mahasiswa yang mampu menginspirasi dan menarik minat masyarakat umum untuk lebih berani bereksplorasi mencoba bahan pangan lokal nonberas dan juga mengurangi ketergantungan terhadap tepung terigu,” tutur Sarwo.

Lomba Kreasi Pangan Lokal yang mengusung tema Pangan Lokal Cita Rasa Global ini menyasar generasi milenial dan generasi Z sebagai target peserta. Peserta lomba adalah perseorangan, dapat dibantu 1 asisten. Mereka berasal dari mahasiswa Perguruan Tinggi di area Jabodetabek.

Peserta mengkreasikan makanan unik, lezat, dan bergizi lengkap (sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang). Peserta menggunakan bahan utama dari sagu, jagung, talas, singkong, ubi jalar, sorgum, atau pisang, sebagai bahan pengganti nasi/sumber karbohidrat.

 

Sarwo mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mengurangi ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras dan juga terigu. Program diversifikasi pangan lokal merupakan salah satu strategi yang kini tengah gencar digaungkan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Pemanfaatan pangan lokal secara massif Sarwo menilai mampu memberikan kontribusi positif untuk memperkuat kedaulatan pangan, terutama sebagai antisipasi krisis pangan global dan ancaman kekeringan, serta penyediaan pangan alternatif sumber karbohidrat lokal nonberas.

Ingin mengetahui jadwal KPLN 2021?

Hari Pertama: Penjurian 20 Finalis KPLN berlangsung Kamis, 25 November 2021, Pukul: 13.00 – 17.00 WIB.

Hari Kedua: Awarding Pemenang KPLN dan Sosialisasi Diversifikasi Pangan Jumat, 26 November 2021 Pukul: 09.00 – 12.00

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018