Saturday, 29 January 2022


Saka Taruna Bumi Pramuka Tingkatkan Keahlian Budidaya Alpukat, Lebah Madu, hingga Perikanan

12 Jan 2022, 07:38 WIBEditor : Gesha

Saka Taruna Bumi Pramuka | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Aktivitas generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka sangat bermanfaat. Untuk meningkatkan keterampilan maupun keahlian anggotanya, diadakan Webinar bertema “ Pramuka Peduli Ketahanan Pangan Melalui Saka Taruna Bumi”

Sebanyak 179 peserta dari berbagai daerah mengikuti kegiatan webinar Saka Taruna Bumi Tahun 2021 ini secara virtual pada Rabu (29/12), mulai dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Kegiatan ini hasil kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta dengan KWARDA DKI Jakarta dan Kementerian Pertanian RI.

“Diperlukan upaya untuk mempertahankan pangan dari semua sektor, termasuk Pramuka, dimana hal ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Menteri Pertanian RI. Saka Taruna Bumi berperan sangat signifikan dalam pembangunan pertanian. Kita harus mempertahankan kondisi ekonomi kita dengan terus membangun dan menjaga ketahanan pangan nasional. Saya berharap Saka Taruna Bumi Provinsi DKI Jakarta ini dapat berjalan dengan baik” kata Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Dr. Idha Widi Arsanti, S.P., MP dalam sambutannya. 

Sementara itu, Nurdin Hasan, selaku Wakil Ketua Kwartir Daerah Bidang Pembinaan Anggota Muda, yang mewakili Ka KWARDA DKI Jakarta mengatakan Satuan Karya (Saka) ini adalah wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat dan mengembangkan bakat dan menambah pengalaman bagi pramuka penegak dan pandega dalam berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan, khususnya dalam bidang pertanian.

"Saya sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan Webinar Pramuka yang diinisiasi Saka Taruna Bumi, Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021, semoga kegiatan seperti ini dapat tetap eksis dilakukan di tahun mendatang,” katanya. 

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP sekaligus Plt Sekretaris Dinas KPKP, Mujiati, mengatakan bahwa Saka Taruna Bumi yang terdiri dari 5 Krida, kebetulan berada di satu OPD, yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian dengan rincian Bidang Pertanian mewadahi Krida Tanaman Pangan, Krida Tanaman Hortikultura, dan Krida Tanaman Perkebunan, kemudian untuk Bidang Perikanan mewadahi Krida Perikanan, serta Bidang Peternakan mewadahi Krida Peternakan.

“Kami dari Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta memiliki beberapa program yang dapat diikuti oleh para anggota pramuka DKI Jakarta, sehingga apabila kakak-kakak berminat untuk bergabung ke dalam program tersebut dipersilahkan untuk bergabung di Saka Taruna Bumi. Pengembangan Pertanian di DKI Jakarta sangat unik dan menjadi daya tarik sendiri karena adanya keterbatasan lahan. Masyarakat DKI Jakarta juga dituntut untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri, khususnya untuk keluarga dalam rangka membantu mewujudkan ketahanan pangan di DKI Jakarta” kata Mujiati.

Narasumber yang mengisi acara ini antara lain Kak Ahmad Fahrizal, Petani Alpukat Cipedak, sekaligus Saka Taruna Bumi Jakarta Selatan telah memberikan materi mengenai peluang bisnis Alpukat Cipedak, kemudian Kak Witri dari Taman Wisata Lebah dengan materi Budidaya Lebah Trigona, serta Kak Harli Fransulanonda selaku Penyuluh Perikanan Sudin KPKP Jakarta Utara dengan penyampaian materi mengenai Budiklamber (Budidaya Ikan dalam Ember) sebagai alternative budidaya ikan di perkotaan.

Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan e-sertifikat secara gratis dan doorprize bagi 5 penanya terbaik berupa paket souvenir yang berisi voucher edukasi lebah dan hexagonal madu multiflora dari PT Madu Pramuka serta sarana produksi pupuk dari PT Pasifik Asia Niaga.

“Diharapkan setelah dilakukan kegiatan webinar ini, akan ada tindaklanjut dengan berinisiatif melakukan kegiatan secara offline, sehingga dapat mempraktekkan ilmu yang telah didapat secara langsung. Kedepannya juga diharapkan dapat menambah semangat para anggota pramuka dalam mendorong pengembangan kegiatan pertanian perkotaan demi mewujudkan ketahanan pangan di DKI Jakarta,“ kata Dr. Ratiyono selaku Wakil Ketua Kwartir Daerah Bidang Pengabdian Masyarakat.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018