Tuesday, 17 May 2022


Daun, Biji Hingga Akar Daun Sendok Miliki Segudang Khasiat

25 Jan 2022, 10:45 WIBEditor : Herman

Daun sendok

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Nama daun sendok mungkin masih belum banyak dikenal masyarakat. Namun seluruh bagian tanam ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan mulai dari menyembuhkan Bronchitis, Hepatitis Hingga Asam Urat.

Daun sendok (Plantago major L) mudah tumbuh subur diberbagai tempat. Mulai dari  tepi jalan, halaman, ladang pertanian, padang rumput, hingga di hutan membuat daun sendok kerap dianggap tumbuhan liar.

Sesuai namanya, tumbuhan yang masuk kedalam famili Plantaginaceae ini merupakan kumpulan daun yang bentuknya bulat menyerupai sendok. Daun sendok kerap dinamai dengan berbagai nama berbeda seperti ceuli uncal, otot-ototan, suri pandak, ekor angin, torongoat, sangkubah, kuping menjangan, hingga ki urat daun urat atau daun ki.

Mungkin belum banyak yang tahu, ternyata daun sendok memiliki berbagai kandungan kimia mulai dari plantagin, aukubin, asam ursolik, vitamin B1,C dan A, kalium, dan lain sebagainya daun sendok bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Mulai dari daun bisa mengatasi gangguan saluran kencing, batu empedu, batu ginjal, prostat, demam, diare, kencing manis, pendarahan, cacingan dan gigitan serangga. Akar daun sendok bisa mengatasi keputihan dan nyeri otot. Dan biji untuk gangguan pencernaan pada anak, afrodisiak, diare, gangguan kencing, rematik (asamurat), batuk, hingga peradangan.

Resep :

Daun Sendok Untuk Mengobati Kencing Manis

1 tanaman daun sendok

3 gelas air

Daun sendok dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 21/4 gelas.

Setelah dingin saring, bagi menjadi 3 gelas untuk diminum 3 kali.

Daun Sendok Untuk Mengobati Asam Urat

10-15 gram daun sendok kering / 15-30 gram daun sendok basah

3 gelas air

Cuci bersih daun sendok, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.

Saring dan minum sekaligus setelah dingin pada pagi hari sebelum makan.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018