Jumat, 02 Desember 2022


Hati-Hati Untuk Kaum Pria, Konsumsi Meniran Berlebih Bisa Impotensi

25 Jan 2022, 16:12 WIBEditor : Herman

Meniran

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang – Dengan kandungan berbagai mineral bermanfaat, meniran dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. Namun bagi kaum pria, mengkonsumsi rebusan meniran berlebih bisa menyebabkan gangguan disfungsi ereksi dan impotensi.  

Bagi sebagain besar masyarakat, Meniran dikenal sebagai tanaman liar yang banyak ditemukan diberbagai tempat mulai dari pingir jalan, tanah lapang hingga pekarangan. Dengan daun berbentuk bulat dan berukuran kecil, jika dilihat sekilas, daun meniran mirip dengan daun putri malu. 

Herbal meniran mengandung hipofilantin, filantinnirantin, nirtetralin, rutin, asam galat, tannin, kalium, mineral, damar dan zatsamak. Daun dan akar mengandung flavonoid, astagalin, rutin, dan guercetin. Minyak biji mengandung asam lemak, ricinoleat dan asam linoleat. 

Meniran yang dalam bahasa ilmiahnya Phyllanthus merupakan tanaman berbunga yang biasa digunakan dalam pengobatan herbal. Dengan berbagai kandungan mineral yang ada didalamnya meniran dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit.

Diantaranya  anti radang, pereda demam, malaria, ayan, batuk, haid berlebihan, disentri basiler, luka bakar, luka koreng, jerawat, infeksi saluran kencing, radang hati, menambah nafsu makan pada anak, anti bakteri, pelarut asam urat, antioksi dan anti diabetes. 

Namun ditengah berbagai khasiat yang ada, ternyata mengkonsumsi meniran atau air rebusan meniran berlebih bisa berbahaya. Terutama untuk kaum pria, bila mengkonsumsi rebusan air meniran berlebih bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi.

 

Resep

Meniran Untuk Asam Urat

30-60 gram meniran segar

3 gelas air  

Meniran dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Setelah dingin saring, minum air rebusan sekaligus.

 

1 batang meniran

1 ruas jahe merah

4 butir cengkeh

1 ruas kayu manis

gula merah secukupnya

4 gelas air

 

Cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas

Saring lalu dinginkan dan minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018