Tuesday, 17 May 2022


Pudarkan Bercak Hitam di Wajah Dengan Jombang

26 Jan 2022, 16:44 WIBEditor : Herman

Tanaman Jombang

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Tanaman Jombang atau tarasakum yang banyak dijumpai di berbagai tempat ternyata bisa dijadikan obat karena memiliki beragam manfaat. Bahkan untuk yang memiliki permasalahan dengan bercak hitam di wajah, tanaman jobang bisa memudarkanya dengan mudah.

Tanaman yang mudah tumbuh di berbagai tempat mulai dari pinggir jalan, kebun bahkan halaman rumah ini ternyata merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.  

Tanaman jombang atau tarasakum (Sonchus asper Vill.) yang memiliki habitat di semak ini memiliki berbagai ciri-ciri khusus. Dengan tinggi 20-70 cm, daun tanaman jombang merupakan daun tunggal, ujungnya runcing, pangkalnya menyempit menyerupai tangkai daun, dan juga berbunga tunggal.  

Mulai dari daun, akar hingga bunga tanaman jombang mengandung berbagai macam zat. Seperti daun mengandung lutein, violaxanthin, tanin, kalium, natrium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, silicon, sulfur dan vitamin. Akar tanaman jombang memiliki kandungan taraxol, pektin, inulin, kalsium, kalium, glukosa dan fruktosa. Sedangkan bunganya mengandung arnidiol, asam folat dan vitamin C.  

Dengan berbagai kandungan tersebut, tanaman jombang dipercaya memiliki berbagai macam khasiat. Mulai dari berkhasiat untuk antibiotik, anti radang, menghilangkan bengkak, menghancurkan sumbatan, peluruh kencing, membersihkan panas dan racun, serta meningkatkan produksi empedu.  

Sedangkan Akar yang memiliki rasa sedikit pahit berkhasiat antitoksik, peluruh kencing, pereda panas, penguat lambung, meningkatkan nafsu makan, melancarkan pengeluaran empedu ke usus, melancarkan pengeluaran ASI, laksatif ringan dan menurunkan kadar gula darah.  

Bahkan untuk yang memiliki permasalahan pada kulit, ternyata akar bisa untuk mengobati penyakit kulit, seperti jerawat, pudarkan bercak hitam, eksim, rematik, termasuk osteoarthritis dan gout. 

 

Resep

Untuk kencing Manis dan Hipertensi

30 gram tanaman jombang

3 gelas air

Tanaman jombang dipotong-potong lalu dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

 

Untuk Asam Urat

10-30 gram akar jombang

3 gelas air

 

Cuci bersih akar jombang dan potong-potong lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring, bila perlu tambahkan jeruk nipis.

Minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018