Sunday, 26 June 2022


Mengenal Sidaguri Yang Berkhasiat Untuk Asam Urat

17 Feb 2022, 13:41 WIBEditor : Herman

Sidaguri yang bisa mengatasi asam urat

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Nama sidaguri mungkin asing bagi sebagain besar masyarakat. Tapi di dunia obat herbal nama sidaguri cukup dikenal karena memiliki khasiat untuk mengobati beragam penyakit termasuk asam urat.  

Tumbuhan Sidaguri dengan nama latin Sidarhombifolia merupakan tumbuhan liar yang cocok tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Sidaguri yang merupakan tanaman semak dengan tinggi 2 m ini memiliki  ciri berbatang bulat, percabangan simpodial dengan warna putih kehijauan.  

Semua bagian sidaguri mengandung berbagai zat yang bermanfaat seperti alkaloid,kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino dan minyak atsiri. Selain itu daun banyak mengandung zat phlegmatik yang digunakan sebagai peluruh dahak (ekspektoran) dan pelumas (lubrican). Batang mengandung kalsium oksalat dan tanin. Akar mengandung alkaloid, steroid dan efedrin. 

Sidaguri diakui bisa menyembukan berbagai macam penyakit seperti influenza, demam, radang amandel, difteri, TBC kelenjar, muntah darah,t erlambat haid, cacingan, sakit lambung, dan wasir berdarah.  

Akar sidaguri bisa digunakan untuk mengobati influenza, sesak napas, rematik gout, terlambat haid, bisul dan sembelit. Bunganya untuk obat luar pada luka gigitan serangga. 

 

Untuk mengobati asam urat, Anda bisa menyiapkan 60 gram akar sidaguri kering dan 2 gelas air. Setelah semua bahan disiapkan potong-potong akar sidaguri, dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, setelah dingin minum sekaligus pada pagi hari.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018